February 8, 2011

Sayuran Pantangan Penderita Asam Urat



Sayur merupakan makanan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, tapi akan berbeda dengan beberapa sayuran berikut, sayuran ini justru harus dihindari oleh penderita asam urat agar kondisinya tidak semakin memburuk. Penderita asam urat juga disarankan untuk mengurangi konsumsi daging, hati, ayam kalkun dan beberapa jenis ikan. Nah, selain menghindari makanan tersebut, penderita asam urat juga harus mengurangi atau menghindari mengonsumsi sayuran yang menjadi pantangan. Sayuran apa saja yang menjadi pantangan bagi penderita diabetes?

Asam urat merupakan hasil sampingan dari metabolisme purin, dan ada beberapa sayuran yang memiliki kandungan purin yang tinggi yang memicu peningkatan jumlah asam urat dalam tubuh. Asam urat akan mengkristal dan terkumpul di persendian, yang menyebabkan peradangan dan pembengkakan yang merupakan tanda-tanda dan gejala klasik asam urat. Hyperuricemia merupakan istilah medis bagi kelebihan asam urat dalam darah.

Nah, langsung saja berikut ini adalah sayuran-sayuran yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat:

Bayam

Sebenarnya bayam adalah sayuran yang memiliki kandungan gizi tinggi seperti zat besi, Vitamin C, luteins, betakaroten, dan flavonoid. Namun, sayangnya sayuran ini termasuk sayuran yang mengandung purin tinggi yakni 57 gr per 100 gr bayam, dan sayuran ini harus dihindari penderita asam urat.

Asparagus

Kandungan purin dalam Asparagus cukup tinggi yakni 23 gr per 100 gr Asparagus.

Kembang Kol

Sayuran ini mengandung purin 51 gr per 100 gr kembang kol.

Jamur
Jamur mengandung sekitar 92-17 purin per 100 gr jamur. Jadi bila Anda ingin membatasi jumlah asam urat dalam tubuh, sebaiknya kurangi atau hindari mengonsumsi sayuran-sayuran tersebut.

Sumber : DetikHealth

By digitalworld with

Related Article

  • Populer
  • Kategori
  • Arsip