February 21, 2011

10 Makanan bagi Kesehatan Rambut


Rambut adalah mahkota, ungkapan itu mungkin memang benar, apalagi bagi seorang wanita. Keindahan rambut merupakan salah satu bagian dari kecantikan seorang wanita. Oleh karena itu tidak sedikit para wanita baik remaja maupun dewasa rela menghabiskan waktu dan uang mereka demi perawatan rambut. Namun, perwatan rambut dari luar, seperti shampoo, conditioner dan perawatan rambut yang lain tidak cukup untuk kita agar mendapatkan rambut yang sehat, indah dan berkilau. Asupan gizi dari makanan juga harus Anda perhatikan, dan mulailah melakukan perawatan rambut tidak hanya dari luar saja tetapi juga dari dalam.

Pada dasarnya, mengonsumsi makanan-makanan sehat akan memberikan manfaat yang besar bagi semua bagian dari tubuh kita. Makan makanan sehat, membuat sel-sel tubuh akan tumbuh lebih kuat dan sehat, baik di dalam maupun di luar. Nah, berikut ini adalah 10 makanan sehat yang sangat bagus untuk kesehatan rambut Anda.

  1. Salmon
    Salmon memiliki kandungan gizi yang kaya akan asam lemak omega 3, yang meruapakan sumber protein dengan kualitas tinggi. Selain itu, salmon juga mengandung vitamin B12 dan zat besi. Asam lemak essensial omega 3 sangat dibutuhkan untuk memperkuat kulit kepala. Jika kekurangan zat ini, kulit kepala akan kering dan rambut mudah rontok.

  2. Sayuran Hijau Tua
    Bayam,Brokoli, danSwiss chard merupakan sumber vitamin A dan C. Vitamin ini diperlukan tubuh untuk memproduksi sebum, yaitu sejenis minyak yang dihasilkan folikel rambut yang merupakan conditioner alami bagi rambut.

  3. Kacang Tanah
    Kacang tanah Brazil merupakan sumber alami terbaik selenium, yaitu sejenis mineral yang penting untuk kesehatan kulit rambut, Walnut mengandung asam linolenic alfa. Omega 3 yang bisa memperbaiki kondisi rambut.

  4. Kacang-kacangan
    Kacang merah, kacang polong, atau kacang lentil ternyata sangat baik bagi kesehatan rambut. Selain menyediakan protein yang merangsang pertumbuhan rambut, Kacang juga kaya akan zat besi, seng, dan biotin.

  5. Daging Unggas
    Mengonsumsi daging ayam atau kalkun ternyata sangat baik untuk kesehatan rambut. Kedua daging tersebut ternyata memiliki kandungan protein yang berkualitas tinggi. Selain itu daging unggas juga memiliki kandungan zat besi dengan kadar bioavailabiltas yang tinggi, artinya tubuh akan dengan mudah menyerap manfaatnya.

  6. Telur
    Telur adalah salah satu sumber protein terbaik, selain itu telur juga mengandung biotin dan vitamin B12 yang sangat penting bagi nutrisi kecantikan.
    Gandum berserat tinggi
    Makanan dari produk gandum termasuk roti atau sereal yang mengandung seng, zat besi dan vitamin B ini sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut kita.

  7. Tiram
    Tiram yang dikenal sebagai aphrodisiac ternyata juga dikenal bermanfaat bagi kesehatan rambut. Zat mineral yang terkandung dalam tiram adalah antioksidan yang kuat.

  8. Produk susu berkadar lemak rendah
    Susu kim atau yoghurt adalah salah satu produk susu yang berkadar lemak rendah, minuman ini merupakan sumber penting kalsium, yaitu salah satu mineral yang berguna bagi rambut. Selain itu makanan ini juga mengandung kasein dan whey, yaitu protein yang berkualitas tinggi.

  9. Wortel
    Sayuran yang kaya akan vitamin A ini dapat membantu memperbaiki kesehatan kulit kepala juga penglihatan. Sehatnya kulit kepala merupakan faktor penting bagi rambut yang berkilau.

sumber: KompasFemale

By digitalworld with

Related Article

  • Populer
  • Kategori
  • Arsip