February 14, 2011

10 Cara Mengungkapkan Cinta Pada Anak



Mengungkapkan perasaan sayang dan cinta kepada siapapun dapat dilakukan kapanpun bahkan setiap saat dan hal itu tidak akan ada ruginya. Begitu juga mengungkapkan cinta dan sayang kepada anak. Justru semakin sering kita mengungkapkan atau mengekpresikan cinta kepada anak baik dengan kata-kata maupun tindakan, itu akan membuat anak tumbuh lebih possitif lagi. Otak yang selalu penuh dengan ungkapan cinta akan tumbuh berkembang menjadi pribadi yang lebih sehat baik secara fisik, mental, intelektual, dan spiritual. Nah, bagaimana cara kita untuk mengungkapkan cinta kepada anak?

Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengungkapakan rasa cinta kepada anak. Seperti yang saya kutip dari kompasfemale, Dr. Eka, psikiater klinik Angsamerah , berbagi berbagai cara untuk melakukan hal itu,diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Selalu berikan pujian
    Memberikan pujian anak secara terus menrus tidak akan membawa dampak negative bagi anak. Menurut dr. Eka, biasanya orantua peli memberikan pujian pada anak dan justru memberikan kritikan apabila anak melakukan hal yang tidak sesuai keinginan orangtua. dr Eka menyarankan agar orangtua sesering mungkin memberi pujian pada anak.

  2. Lakukan kegiatan khusus bersama setiap hari
    Luangkan sedikit waktu Anda setiap harinya untuk melakukan kegiatan khusus bersama anak. Misalnya bermain,mendengarkan musik favorit, menonton acara televise favorit anak, atau berpelukan di bawah selimut yang hangat dan nyaman.

  3. Penuhi kegemari anak
    Dengan membuat masakan kesukaan anak , membacakan buku atau dongeng yang disukainya, hal ini juga dapat mengungkapkan rasa cinta anda kepada anak.

  4. Berikan ciuman
    Dengan tindakan sederhana seperti mencium akan membuat anak merasa nyaman dan mendapatkan cinta dari Anda. Berikan ciuman kepada anak Anda lebih sering.

  5. Berikan Pelukan
    Berikan pelukan dan dekap Anda denga hangat, sambil membelai rambutnya atau memijat kakinya.

  6. Berikan sesuatu yang khusus
    Memberikan sesuatu yang khusus pada anak yang di luar kebiasaan, juga dapat menjadi wujud cinta Anda kepada Anak. Tidak harus berbentuk barang, tetapi bisa dilakukan dengan misalnya memperbolehkan anak menonton televise lebih lama dari biasanya.

  7. Perhatian khusus
    Jika anak punya kakak atau adik, berikan perhatian khusus atau penuh kepadanya selama beberapa saat.

  8. Tepuk tangan Anda bermakna
    Berikan tepukan tangan penanda apresiasi Anda kepada anak saat anak mengerjakan sesuatu dengan baik atau sesuai keinginan Anda.

  9. Buat pesan cinta
    Buatlah catatan kecil berisi pernyataan cinta untuk anak pesan cinta. Contohnya dengan menuliskan kalimat "Mama sayang kamu", menghadiahkan bantal berbentuk hati, atau membuatkan kue dengan Loyang berbentuk hati bertuliskan "I Love You".

By digitalworld with

Related Article

  • Populer
  • Kategori
  • Arsip