February 8, 2011

10 Makanan Terbaik Bagi Kesehatan Jantung



Jantung merupakan organ terpenting dalam tubuh yang harus selalu dijaga kesehatannya. Penyakit jantung sering dianggap menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian besar masyarakat karena penyakit ini termasuk penyakit yang mematikan. Orang yang terkena serangan jantung dan terlambat penangannya bisa berakibat fatal yaitu kematian.

Olahraga teratur, tidak merokok, tidak minum minuman beralkohol merupakan hal yang bagus untuk menjaga jantung tetap sehat dan kuat. Tetapi tidak hanya itu saja, mengonsumsi makanan-makanan yang bagus untuk kesehatan jantung juga sangat membantu dalam memelihara kesehatan dan menjaga jantung tetap sehat. Terus, makanan apa saja yang sebaiknya kita konsumsi secar teratur agar jantung kita tetap sehat?

  1. Ikan Salmon
    Ikan Salmon adalah sumber asam lemak omega 3 yang bagus untuk mengurangi risiko peradangan dan mencegah pembekuan darah. Sebaiknya biasakan makan ikan salmon, tuna, atau sarden minimal dua kali seminggu. Coba juga steak salmon dengansalad dan tambahkan/kucuri sedikit air jeruk lemon.

  2. Minyak zaitun
    Minyak zaitun dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung karena dapat menurunkan kadar kolesterol LDL. Dan sebaiknya mulailah dari sekarang mengganti minyak goreng Anda dengan minyak zaitun.

  3. Oats
    Kandungan beta glucan yaitu serat larut dalam Oats dapat membantu menurunkan kadar kolesteroltotal dan kolesterol LDL. Selain itu, beta glucan juga membanut menjajga system pencernaan. Tambahkan madu, susu rendah lemak dan potongan stroberi untuk agar jauh lebih nikmat sebagai menu sarapan.

  4. Apel
    Kandungan fitokimia dalam Apel yang disebut quercetin yang bertindak sebagai anti peradangan dapat membantu mencegah penggumpalan darah. Selain itu, Apel juga memiliki kandungan serat dan vitamin. Makan satu buah apel dengan campuran kacang kenari dan almond sebagai kudapan sehat

  5. Kacang almond
    Kandungan minyak sehat, Vitamin E dan zat lain dalam Almond dan kacang-kacangan lainnya membantu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, Almon juga merupakan sumber protein yang baik dan mengandung banyak serat. Jadikan almond atau kacang-kacangan sebagai camilan Anda.

  6. Red Wine
    Reed Win memiliki antioksidan tinggi yang disebut resverartrol yang terbukti baik untuk jantung.

  7. Bijian Utuh
    Setiap butir bijian utuh menyediakan vitamin dan serat yang dapat membantu menjaga jantung tetap sehat. Bisa berupa sandwich whole wheat dengan irisan daging ayam , dan tomat.

  8. Sayur Hijau
    Sayuran hijau mengandung folat, dan vitamin E, yang dapat menjaga kadar homoseistein. Konsumsi sayuran berdaun hijau juga dapat melindungi daya ingat karena faktor usia.

  9. Tomat
    Tomat yang mengandung vitamin dan likopen telah terbukti mengurangi risiko penyakit jantung. Tambahkan irisan tomat pada sandwich atau pasta gandum. Bahkan, saus tomat dan tomat kalengan yang biasa dibeli di toko mengandung kadar lycopene dua kali lebih banyak dari tomat biasa.

  10. Kedelai
    Kandungan protein dalam kedelai sangat baik untuk pengganti daging merah. Protein pada kedelai telah terbukti untuk mencegah serangan jantung. Olahan kedelai seperti tempe, tahu, dan kecap bisa menjadi selingan menu yang menyehatkan.


Sumber : DetikFood

By digitalworld with

Related Article

  • Populer
  • Kategori
  • Arsip