February 23, 2011

Inilah 11 Kunci Kesuksesan Seseorang



Banyak Orang berpikir nahwa kesuksesan seseprang karena mereka memiliki IQ yang tinggi, atau memiliki tingkat kecerdasan IQ yang tinggi, namun ternyata anggapan itu tidak sepeuhnya benar. Karena menurut Sani B Hermawan, IQ hanya menentukan kesuksesan seseorang 30 persen saja dan sisanya yang menentukan adalah EQ. Sedangkan menurut Daniel Goleman dalam bukunya yang berjudul "Emotional Intelligence", IQ hanya menyumbang 20 persen saja dalam kesuksesan seseorang, dan sisanya adalah hal-hal lain (kecerdasan emosional). Dan Anda ingin tahu apa kunci dari kesuksesan seseorang? Menurut Julie Jansen, ada 11 kunci kesuksesan seseorang, yaitu:

  1. Kepercayaan diri
    Kepercayaan diri memang hal yang sangat berperan disini. Percaya pada diri sendiri bahwa ia mampu dan realistis memahami dan memperhitungkan keadaan. Sikap yang sebagian besar orang akan kagumi dalam diri orang lain dan berusaha keras untuk bisa memilikinya.

  2. Keingintahuan
    Memiliki semangat untuk selalu mencari tahu banyak hal dan belajar, tidak pernah merasa bahwa dia sudah memiliki bnayak pengetahuan. Memiliki ketertarikan pada hal-hal yang dianggap tidak terlalu jelas, dan selale menjadi orang yang berkata, "Saya ingin mengetahui lebih banyak tentang…".

  3. Pengambilan keputusan
    Mampu dan berani mengambil keputusan dan menentukan sesuatu saat terdesak meskipun tidak cukup memiliki informasi yang dibutuhkan. Mampu melakukan keputusan dan menanggung resiko dari keputusan yang diambilnya.

  4. Empati
    Memiliki rasa kepedulian dan mampu memahami situasi, perasaan dan motif orang lain, dan berusaha mengerti apa yang mereka rasakan.

  5. Fleksibilitas
    Menjadi orang yang mampu mengambil alih, merespon positif terhadap perubahan,dapat mengikuti arah, mudah/cepat beradaptasi, tidak kaku menghadapi pesan ganda.

  6. Humor
    Melihat diri sendiri dan dunia dengan rasa senang, tidak memandang hidup secara keseleruhan dan diri sendiri terlalu serius. Mampu tertawa dan menjadu orang yang menyenagkan bagi orang lain, sehingga orang nyaman didekat Anda.

  7. Kecerdasan
    Kecerdasan yang dimaksud disini adalah bukan kecerdasan IQ. Kecerdasan disini adalah kemampuan untuk berpikir dan bekerja dengan cerdas dan tangkas, cerdas dengan apa yang dihadapi, tidak mengubah keadaan, membuat perencanaan terlebih dahulu sebelum beraksi, bekerja efisien dan fokus pada kualitas daripada kuantitas.

  8. Optimisme
    Menjadi orang yang selalu melihat sesuatu dari hal yang positif daripada yang negative, mengharapkan hasil terbaik danmenggali aspek positif dari sebuah situasi.

  9. Keteguhan
    Memiliki gairah, energi,fokus dankeinginan untuk bisa mendapatkan hasil yang diinginkan. Motivasi, ketekunan, dan kerja keras meruapakan aspek-aspek keteguhan ini.

  10. Rasa Hormat
    Berusah abersikap baik, melindungi harga diri orang lain, memperlakukan orang lain dengan penuh kasih serta sopan santun menurut etika yang ada.

  11. Mawas diri
    Kesadaran diri yang membuat Anda meregulasi diri, dengan memonitor diri, mengamati diri, dan mengubah proses berpikir dan sikap. Hal ini adalah sebuah dasar untuk mengerti diri sendiri.


Sumber:kompasfemale

By digitalworld with

Related Article

  • Populer
  • Kategori
  • Arsip