February 23, 2011

Makanan Terbaik Ibu Hamil


Ibu hamil biasanya akan lebih hati-hati dalam mengonsumsi makanan demi kesehatan janinnya atau juga untuk menjaga agar berat badannya tidak terlalu gemuk. Namun, lebih baik Anda jangan takut gemuk, karena jika si Ibu tidak mendapat penambahan berat badan yang ideal selama kehamilan, justru itu akan berisiko pada bayi, bayi akan lahir premature atau berat badan lahir rendah (BBLR). Oleh karena itu, agar kesehatan si ibu dan janin tetap terjaga, cobalah untuk mengonsumsi makanan-makanan yang memiliki kandungan gizi berikut ini:

  1. Protein
    Makanan yang mengandung protein yang baik dikonsumsi ibu hamil adalah daging tanpa lemak, ayam bagian dada, ikan, telur, tahu, temped an kacang-kacangan. Usahakan konsumsi 2-3 porsi setiap hari.
  2. Kalsium
    Untuk mendapatkan asupan kalsiium yang cukup, Anda bisa mendapatkannya dari keju, ikan teri dan sayuran hijau.
  3. Folat
    Kebutuhan folat pada ibu hamil adalah 400 mikrogram/hari, Anda bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi buah, sayuran hijau segar, kacang-kacangan, hati dan ayam.
  4. Zat besi
    Daging merah, sayuran berdaun hijau dan buah kering adalah sumber zat besi yang bagus buat ibu hamil. kebutuhan zat besi ibu hamil adalah 30-60 mg/hari
  5. Vitamin C
    Vitamin C membantu penyerapan zat besi dari tumbuhan, pada ibu hamil kebutuhan akan vitamin C per hari adalah 70-80 mg. Anda bisa mendapatkan sumber vitaminC ini dari jambu biji, stroberi, jeruk, anggur, tomat, apel, dan sayuran.
  6. Serat
    Kebutuhan aka serat bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi sayuran dan kacang-kacangan. Konsumsi 1/3 porsi makan per hari.
  7. Cairan
    Sebaiknya minum setidaknya 2 liter sehari untuk membantu memperlancar pencernaan makanan dan peredaran darah.

By digitalworld with

Related Article

  • Populer
  • Kategori
  • Arsip