February 22, 2011

Cara Agar Ikan tetap Segar



Ketika kita belanja bahan makanan, biasanya kita tidak bisa mengontrol diri,semua kita beli dibeli dan alhasil ada bahan makanan yang tidak terolah. Nah, bagaimana kalau Anda sudah terlanjur membeli ikan, dan ternyata tidak bisa segera mengolahnya? Padahal ikan biasanya akan cepat bau dan sudah tidak enak diolah di lain waktu. Bagaimana agar ikan tetap segar sampai kita punya waktu utuk memasaknya?

Ada sebagian orang yang menyarankan untuk menyimpan ikan dalam air es yang diberi garam agar kepadatan dagingnya tetap terjaga dan bisa awet lebih lama. Namun, selain cara tersebut ada beberapa cara yang lebih sederhana agar kesegaran ikan tetap terjaga.

  1. Ketika anda membeli ikan di pasar, belilah ikan yang paling segar. Ciri-cirinya biasanya, ikan berbau sepereti laut (asin) bukan amis. Selain itu dagingnya padat, insang berwarna merah cerah dan matanya terlihat hidup.

  2. Pastikan ketika Anda membawanya pulang tetap menjaga ikan tetap dingin, misalnya dengan merendamnya di dalam es.

  3. Ketika sampai di rumah, ambil kotak container yang berlubang-lubang, isi dengan es, kemudian letakkan di atas panic untuk menampung tetesan airnya.

  4. Simpan ikan di dalam kotak tersebut dalam keadaan tegak dengan sirip punggung mengarah ke atas

  5. Tutupi ikan dengan lebih banyak es diatasnya, dan simpan di bagian terdingin dari lemari pendingin Anda.

By digitalworld with

Related Article

  • Populer
  • Kategori
  • Arsip