February 11, 2011

5 Makanan Terbaik Pencegah Keriput



Kolagen sangat dibutuhkan oleh kulit kita agar tetap kencang dan tidak mudah keriput. Dan dengan mengonsumsi suplemen kolagen maka kebutuhan kolagen pada kulit bisa terpenuhi. Namun meskipun suplemen kolagen terbuat dari bahan makanan yang aman digunakan, mengonsumsi makanan sehat yang alami akan lebih baik untuk melawan keriput.

Untuk membantu kulit memproduksi kolagen lebih banyak, menurut beberapa pakar dermatologi dan pakar gizi makanan berikut ini akan membantu Anda agar keriput perlahan berkurang.

  1. Tahu dan kedelai
    kedelai mengandung senyawa phytoestrogen, memiliki efek sama pada tubuh seperti oestrogen yaitu sebagaisalah satu penyebab berkurangnya kadar kolagen. Dan bila kulit And asudah mulai manmpakkan garis-garis halus, sebaiknya kunsumsi bahan makanan yang mengandung kedelai uuntuk membantu kulit memproduksi kolagen.

  2. Bayam
    Sayuran hijau seperti bayam, seledri air, kale, dan kubis kaya akan antioksidan yang disebut lutein. Antioksidan penting untuk memelihara kadar kolagen karena senyawa ini diperkirakan mampu menetralisasi radikal bebas. Radikal bebas adalah senyawa kimia mudah menguap yang dihasilkan oleh fungsi-fungsi normal tubuh ataupun sumber-sumber eksternal, seperti sinar ultraviolet dan polusi. Dengan melindungi diri dari radikal bebas, Anda juga dapat melindungi kolagen agar bertahan lebih lama.

  3. Salmon
    Salmon da ikan berminyak lain seperti makereng, herring, dan sarden memiliki kandungan omega-3 yang tinggi, yang membantu memelihara kulit tetap lentur. Pakar dermatologi Amerika Serikat, Dr Nicholas Perricone, mengatakan bahwa ikan berminyak mampu mengurangi peradangan pada kulit. Ia yakin, peradangan kulit yang mungkin tidak terlihat bisa mempercepat angka pemecahan kolagen. Dan mengonsumsi salmon akan akan mencegah peradangan dan juga melindungi kolagen.

  4. Keju
    Para peneliti belum lama ini membuktikan bahwa keju Cheshire (Cheshire adalah salah satu daerah di Inggris) yang mudah remuk berkhasiat untuk mencegah keriput. Mencampur keju jenis ini dengan double cream dapat menghasilkan semacam adonan yang ketika diaplikasikan ke kulit muka, akan memberikan efek lembab pada kulit yang kering dalam waktu 15 menit.

  5. Bluberi
    Buah-buah beri seperti bluberi dan stroberi kaya akan vitamin C, bahan utama pembuat kolagen. Mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang kaya vitamin C akan memastikan tubuh memproduksi kolagen serta membantu mendukung kadar antioksidan pada tubuh.

Sumber : KompasFemale

By digitalworld with

Related Article

  • Populer
  • Kategori
  • Arsip