February 22, 2011

Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)



Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa berakibat fatal apabila sudah tidak bisa dikontrol. Dari hipertensi bisa berujung ke penyakit yang lebih serius seperti serangan jantung, dan stroke, yang bisa berujung pada kematian. Menjaga agar tekanan darah tetap stabil adalah cara yang paling baik untuk mengendalikan penyakit ini. Dan menjaga serta memperhatikan makanan yang diasup adalah salah satu yang harus dilakukan agar tekanan darah tetap stabil. Nah, makanan apa saja yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi, agar tekanan darah tetap stabil?

  1. Pisang
    Buah ini selain sebagai sumber kalium, ternyata juga dapat membantu menstabilkan tekanan darah. Setidaknya makan satu sisir pisang setiap hari.

  2. Buncis
    Kandungan potassium dalam buncis dapat menurunkan tekanan darah.

  3. Bayam
    Sayuran yang merupakan sumber magnesium yang sangat baik bagi tubuh ini, selain bagus untuk menjaga kesehatan jantung, bayam juga bisa mengurangi tekanan darah. Kandungan folat dalam bayam dapat melindungi tubuh daru homosistein yang membuat bahan kimia berbahaya dalam tubuh. Homosistein (asam amino)yang tinggi dapat menyebabakan serangan jantung dan stroke.

  4. Kentang
    Kentang bisa membantu menurunkan tekanan darah, tetapi jangan dimasak dengan digoreng, menambah mentega atau keju pada masakan Anda.

  5. Kedelai
    Kedelai mengandung isiflavon yang sangat penting untuk menurunkan tekanan darah.

  6. Ikan
    Ikan mengandung asam lemak omega 3 yang ampuh menurunkan tekanan darah asal diolah dengan benar.

  7. Avocad
    Kandungan asam oleat yang dimiliki avocado sangat baik untuk membantu mengurangi kolesterol. Kandungan kalium dan asam folat, juga sangat bagus untuk kesehatan jantung.

  8. Kacang-kacangan
    Potasium yang terkandung dalam kacang-kacangan seperti kacang tanah, almond, kacang merah cukup efektif menurunkan tekanan darah tinggi.

  9. Biji bunga Mataharu (Kuaci)
    Kuaci mungkin akan menjadi camilan yang enak juga bagi Anda, tetapi pastikan Anda mengonsumsi kuaci yang masih segar tanpa tambahan garamjika Anda ingin menurunkan tekanan darah tinggi Anda. Kuaci memiliki kandungan magnesium yang sangat tinggi dan juga pitosterol yang dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Kolesterol tinggi merupakan pemicu tekanan darah tinggi.

By digitalworld with

Related Article

  • Populer
  • Kategori
  • Arsip