February 4, 2011

Khasiat Pare, Menyembuhkan Berbagai Penyakit


Pare, makanan yang satu ini memang jarang orang suka bahkan justru dihindari karena rasanya yang pahit. Tetapi jangan salah, tanaman rambat yang memiliki nama Latin Momordica Charabtia ini ternyata bisa menjadi menu makanan sehat. Pare ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Asal kita pintar mengolahnya, pare akan tetap enak dimakan dan dapat mencegah berbagai macam penyakit.

Nah, apa saja manfaat yang dapat kita rasakan dari pare yang rasanya pahit ini? Berikut ini adalah beberapa manfaat atau khasiat dari Pare ini:

  1. Diabetes
    Penyakit ini sering menjadi momok bagi sebagian besar masyarakat. Naiknya kadar gula dalam darah dapat menyebabkan komplikasi yang mematikan. Pare mengandung senyawa insulin atau tanaman hippoglikemik yang sangat efektif menjaga naiknya kadar gula dalam darah. Tanaman ini dikenal dapat meningkatkan intoleransi glukosa pada orang yang menderita diabetes militus atau kencing manis.

  2. Kolera
    Untuk mengobati penyakit ini, buatlah jus dari pare, aag merah dan air jeruk nipis. Jus ini dapat mengobati kolera pada tahap awal

  3. Kekebalan Tubuh
    Meskipun rasanya pahit, rasa pahit pada pare tersebut justru dapat meningkatkan system kekebalan tubuh. Mengkonsumsi pare secara teratus,akan menigkatkan daya tahan tubuh.

  4. Menghancurkan/ Menggempur Lemak
    Bagi Anda yang sedang melakukan program diet, minum dua gelas jus pare yang dicampur dengan susu atau buttermilk tiga kali sehari akan dapat menggempur lemak.

  5. Penyakit Kulit
    Mengonsumsi pare secara teratur setiap hari, berbagai jenis penyakit kulit seperti psoriasis dan infeksi jamur (kurap atau kudis) dapat dicegah

  6. Detox
    Pare bisa membantu detoksifikasi atau pembuangan zat-zat beracun dalam tubuh. Dan hasilnya tubuh akan bugar dan sehat.

Tips untuk mengolah pare
Pare baikuntuk dikonsumsi secara teratur, pare dapat dimakan sebagai lauk (ditumis) atau dijadikan lalap rebus dengan sayuranlain dan sambal. Nah,untuk menghindari atau mengurangi rasa pahitnya,setelah dipotong-potong,remas-remas pare dengan sedikit gramdan gula. Kemudian peras,bilas dan masak sesuai selera Anda.

Bagaimana? Makanan sehat yang satu ini meskipun rasanya pahit tapi besar bukan khasiatnya?

Sumber : DetikFood

By digitalworld with

Related Article

  • Populer
  • Kategori
  • Arsip