February 1, 2011

Cara Membersihkan Sayur dan Buah dari Pestisida


Para petani menggunakan pestisida untuk mencegah hama pada tanaman buah dan sayur mereka. Pestisida biasanya digunakan untuk mencegah kerusakan atau pembusukan pada tanaman. Namun, kandungan pestisida pada sayur dan buah akan berbahaya bagi tubuh manusia dalam jangka panjang. Nah, bagaimanan cara membersihkan sayur dan buah dari pestisida agar tidak membahayakan tubuh kita?

Sebenarnya sayur dan buah merupakan makanan yang kaya akan serat. Namun berdasarkan laporan kesehatan terbaru menemukan bahwa ada 67 jenis pestisida yang membuat buah dan sayur kotor. Penggunaan pestisida pada buah dan sayur dalam jumlah tertentu masih bisa ditolerir. Namun bila sudah melebihi batas, hal ini dapat membahayakan kesehatan manusia, seperti kanker, ADHD pada anak, gangguan sistem saraf, gangguan tiroid dan melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi dan membersihkan sayur dan buah dari pestisida:

  1. Sebelum memegang makanan, cuci tangan Anda dengan sabun dan air mengalir, termasuk saat akan mencuci buah dan sayur.
  2. Cuci buah dan sayur dengan air bersih yang mengalir untuk membersihkan sisa-sisa tanah dan kotoran yang menempel pada buah dan sayur.
  3. Gunakan sikat gigi atau sikat yang lembut untuk membersihkan pestisida yang ada di buah dan sayur, dan gunakanlah air yang mengalir.
  4. Buang daun terluar sayuran yang berdaun kemudian bilas dengan air bersih dan mengalir
  5. Kupas kulit sayur dan buah yang memilliki kulit tebal, khususnya buah dan sayur yang dilapisi lilin
  6. Gunakan air hangat yang dicampur dengan garam dan air lemon atau cuka untuk membersihkan/menghilangkan lilin.
  7. Memasak dapat membantu mengurangi pestisida dalam buah dan sayur yang tidak hilang saat dikupas atau dicuci.
  8. Sebaiknya belilah sayur organik bila Anda masih khawatir dengan bahaya pestisida
  9. Lebih baik lagi, Anda menanam sendiri buah dan sayur jika Anda memiliki kebun yang cukup. Dengan begitu Anda dapat memastikan bahwa buah dan sayuran tidak mengandung pestisida.

Sumber : DetikHealth

By digitalworld with

Related Article

  • Populer
  • Kategori
  • Arsip