February 14, 2011

Cara Merawat Baju Brokat Agar Awet



Sebagian besar wanita Indonesia pasti memiliki pakaian kebaya terutama perempuan Jawa. Pakaian kebaya biasanya terdapat unsure brokat. Namun saat ini sudah bnyak pakaian sehari-hari yang memakai model brokat. Nah, bagaimana cara merawat pakaian dengan bahan tenunan ini agar tidak cepat rusak? Perhatikan beberapa tips berikut cara perawatan brokat.

  1. Hindari Mencuci brokat dengan mesin cuci supaya tidak merusak seratnya. Cuci brokat dengan tangan dan gunakan detergen yang tidak mengandung pemutih. Rendam selama 10 menit dan jangan dikucek. Setelah dicuci brokat jangan diperas, cukup diremas-remas, atau kalau perlu serap sisa air dengan handuk.
  2. Saat menjemur brokat hindari dibawah sinar matahari langsung, cukup diangin-anginkan saja. Jangan menyetrika brokat karena akan merubah teksturnya. Cukup gantung di lemari.
  3. Gunakan air jeruk nipis untuk membersihkan brokat apabila terkena noda. Diamkan beberapa saat sampai meresap, kemudian rendam dengan detergen.
    Taruh kapur barus di lemari pakaian Anda, karena biasanya brokat rentan terhadap ngengat.
  4. Jika brokat Anda jarang dipakai, keluarkan brokat setidaknya sebulan sekali untuk diangin-anginkan agar terhindar dari jamur.

By digitalworld with

Related Article

  • Populer
  • Kategori
  • Arsip