March 19, 2011

Tips Membujuk Anak Makan



Melihat anak yang memiliki sehat dan memiliki berat badan normal pasti orangtua bahagia. Namun hal itu akan menjadi masalah apabila si anak susah makan. Sebenarnya berat badan anak-anak dipengaruhi oleh beberapa factor, diantaranya riwayat prenatal, kelahiran, genetic, etnis, pola makan, tinggi badan, kesehatan secara umum dan perkembangannya. Dan jika si kecil memiliki berat badan yang dibawah normal atau kurus, sebaiknya segera periksakan kesehatan anak Anda apakah ada masalah atau tidak. Dan jika Anak Anda tidak bermasalah dengan kesehatannya tetapi berat badannya dibawah normal dan susah makan, ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan agar anak mau makan dan berat badannya bisa bertambah. Berikut beberapa trik yang bisa Anda lakukan.

  1. Pastikan si kecil tidak mengemil sebelum makan
    Ngemil sebelum makan akan membuat kenyang, sehingga si kecil hanya mengonsumsi sedikit makanan. Setidaknya berikan cemilan 2 jam sebelum makan besar, seperti jus buah,yoghurt atau pudding.

  2. Berikan waktu yang konsisten
    Sebaiknya Anda memberikan waktu makan untuk si kecil secara konsisten, sehingga anak tahu kapan waktunya makan dan kapan waktunya untuk bermain. Dan akan lebih baik lagi biasakan dia makan bersama dengan keluarga atau teman-temannya.

  3. Berikan variasi menu makanan
    Atur waktu kapan Anda harus mengganti menu makanan si Anak. Sebaiknya jangan terlalu lama memberikan menu yang sama namun juga jangan terlalu cepat mengganti makanan.Perhatikan apakah anak sudah mulai bosan dan menginginkan menu yang baru.

  4. Jangan memaksa atau memberi hukuman
    Sebagai orangtua sebaiknya jangan memaksa atau memberi hukuman pada si kecil apabila tidak mau makan atau hanya makan sedikit. Justru buatlah suasana makan yang membuat anak senang dan buatlah makanan yang bentuknya menarik serta mudah diambil oleh anak.

  5. Perhatikan pola makan si kecil selama satu minggu
    Perhatikan pola makan si kecil, makanan apa yang dimakan dan tidak dimakan. Dengan begitu memungkinkan orangtua untuk mengganti variasi makanan dan mengetahui nutrisi apa yang kurang.

  6. Berikan suplemen multivitamin pada anak
    Jika pola makan anak kurang baik, berikan tambahan suplemen multivitamin untuk anak untuk mencukupi nutrisinya. Tetapi sebaiknya tanyakan kepada dokter untuk mengetahui multivitamin apa yang penting bagi si kecil.

  7. Berikan asupan makanan yang sehat
    Jika si kecil makan dalam jumlah relative kecil, nutrisi yang diperlukan anak bisa dioptimalkan dengan memberikan makanan yang kaya nutrisi dengan frekuensi yang sering. Dan bila memungkinkan berikan si kecil buah-buahan, sayuran, biji-bijian, produk susu dan batasi makanan yang tinggi lemak dan gula.


Sumber : Detikhealth

By digitalworld with

Related Article

  • Populer
  • Kategori
  • Arsip