March 4, 2011

Menu Makanan Ibu hamil Trimester Pertama



Ibu hamil membutuhkan asupan makanan yang perlu diperhatikan, karena makanan yang dikunsumsi harus memenuhi kebutuhan bagi si ibu dan juga bagi si jabang bayi, tapi bukan berarti menambah porsi makan. Yang dimaksud memenuhi kebuhan keduanya disini adalah harus memenuhi kebutuhan gizi si ibu agar tetap fit dan juga memenuhi nutrisi yang diperlukan janin agar berkembang dan tumbuh dengan sehat. Selain itu apa yang dikonsumsi ibu saat hamil akan berpengaruh juga pada bentuk tubuh sekarang dan juga setelah melahirkan. Nah, seperti dikutip dari kompas female, makanan yang harus diasup ibu hamil pada trimester pertama adalah makanan-makanan yang memiliki kandungan berikut ini:

  1. Asam folat
    Vitamin B sangat penting untuk perkembangan saraf janin, bila janin tidak mendapat aupan vitamin B yang cukup bisa mengakibatkan masalah pada perkembangan saraf yang berakibat juga pada saat kelahiran. Asam folat ini bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi sayuran hijau, buah sitrus, kacang-kacangan, sereal, dan gandum utuh.

  2. Magnesium
    Magnesium sangat diperlukan untuk perkembangan organ serta tulang dan jaringan tubuh si ibu. Zat ini juga berfungsi untuk mencegah kelahiran dini yang mengalami kontraksi dini.Bila kekurangan zat ini bisa menyebabkan masalah ginjal. Untuk mendapatkan zat ini, perbanyak mengonsumsi roti gandum, sereal, brokoli,bayam,kacang-kacangan,kedelai dan biji-bijian.

  3. Potasium
    Mineral ini sangat dibuthkan untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh, selain itu juga mendorong kemampuan metabolisme tubuh, serta membantu transisi impuls saraf. Zat ini bisa Anda dapatkan dalam buah pisang, stroberi, semangka, jeruk,kismis, apricot, kurma, bit,bayam,kacang polong, tomat, kacang-kacangan,kalkun, dan daging sapi.

  4. Vitamin A
    Vitamin A sangat baik untuk perkembangan mata,telinga, tanga,dan membran perkembangan bayi, selain itu juga dibutuhkan ibu untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak setelah melahirkan. Tetapi hati-hati jangan mengasupnya dalam bentuk suplemen, obat-obatan atau krim yang mengandung retin-A karena hal ini bisa menyebabkan kelebihan vitamin A yang bisa menganggu fungsi liver. Sebaiknya konsumsi dalam bentuk alami,seperti ikan, daging,sereal yang diperkaya vitamin An, buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin A.

  5. Vitamin B6
    Selain efektif untuk mengatasi mual pada ibu hamil pada trimester pertama, Vitamin ini juga mebantu metabolisme protein, membantu produksi antibody dan sel darah. Selain itu juga bagus untuk perkembangan otak serta sistem saraf si bayi dalam kandungan. Vitamin B6 bisa Anda dapatkan dalam alpukat, pisang,semangka,kentang, gandum,daging sapi,daging unggas, dan nasi merah.

  6. Zat Besi
    Zat ini penting untuk sintesis DNA, yang dibutuhkan untuk membangun system imun tubuh. Zat ini bisa diperoleh dari vitamin prenatal, makanan daging merah, daging unggas,kacang-kacangan, gandum utuh, sereal yang diperkaya zinc, labu, dan biji bunga matahari. Dan dengan mengonsumsi susu bisa membantu penyerapan zat besi.
    Dan sebenarnya tidak hanya itu saja asupan gizi yang diperlukan ibu hamil, masih banyak yang lainnya. Tetapi zat-zat di atas adalah zat yang paling penting yang diperlukan ibu hamil pada trimester pertama. Anda bisa juga membacanya disini, menu makanan apa saja yang bagus untuk ibu hamil.

By digitalworld with

Related Article

  • Populer
  • Kategori
  • Arsip