September 26, 2014

Tips bagi pengendara Sepeda motor

Banyak hal yang membuat kita memilih menggunakan Sepeda motor, ditimbang menggunakan mobil dan kendaraan umun lainya. Disamping irit bahan bakar kita juga bisa menyalip ketika dalam keadaan macet, tapi jangan sekali-kali main kebut-kebutan dijalan, bisa-bisa nyawa anda bisa melayang lo.... Nangudzubilahimindzalik 

nah bagi yang suka menggunakan sepeda motor dijalan pasti banyak yang berkeluhan, kadang mata merah, sakit pada tenggorokan, hidung, dan lain sebagainya. Terutama bagi anda yang hidup dikota-kota besar seperti jakarta. 

untuk mengantisipasi hal tersebut ada sedikit tips nih bagi pengendara sepeda motor. Mari kita simak satu persatu.

1. Kelengkapan Plat dan Kaca Sepion
Yang paling diincar oleh pak polisi biasanya adalah Plat Motor dan Kaca Sepion. Mengapa demikian ? pastinya pak polisi ada maksud baik lo, ini demi kebaikan pengendara juga. Plat nomor bertujuan sebagai identitas pada motor, ini sangat berasa sekali ketka kita masuk ke tempat parkir. Sedangkan kaca sepion sangat berguna bagi kita untuk melihat kebelakang pada saat mau belok atau ketika hendak menyalip kendaraan. Dengan adanya kaca sepion kita bisa memperkirakan gerakan motor dengan aman.

2. Pengaman diri seperti : helm, masker, jaket, pelindung dada dan sarung tangan
Alat pengaman sangat penting bagi tubuh, jangan salah lo kawan, bukanya hanya untuk pamer, tapi sangat banyak manfaatnya, seperti helm melindungi kepala kita ketika terjadi benturan, dan kacanya berguna agar debu-debu yang ada dijalanan tidak langsung mengenai mata. Masker berguna agar udara yang akan masuk ke pernafasan kita tersaring lebih baik, dan untuk mencegah sakit pada tenggorokan. Jaket dan pelindung dada juga memberikan kehangatan ketika kita hendak berkendara, dan sarung tangan berguna agar sinar radiasi tidak langsung menembus kulit (pada siang hari), dan dimalam hari agar badan terasa lebih hangat.

3. Kelengkapan surat-surat Kendaraan
Jangan lupa jika mau berkendara harus selalu membawa STNK, SIM, KTP, dan dari ketiga ini yang paling penting adalah STNK. Apabila kita ditilang oleh polisi, dan tidak bisa menunjukkan STNK bisa dipastikan kita disuruh pulang untuk mengambil STNK. Hal ini bertujuan untuk mengurangi tindak pencurian kendaraan bermotor, karena akhir-akhir ini sangat sering terjadi kejadian seperti itu.
Lain halnya ketika kita membawa kelengkapan identitas tersebut, apabila kita ketilang biyaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar. 

4. Sopan dan menghormati kendaraan lain
Ingat tadi pesan saya, "jangan sekali-kali main kebut kebutan dijalan bisa-bisa nyawa anda menjadi taruhanya". Perbedaan antara Berkendara cepat dan santai selisih waktunya tidak jauh beda kok, tinggal kalian saja mau milih yang mana. Salip menyalip antar kendaraan itu boleh kok, asal tau keadaan dan tidak ugal-ugalan dijalan, so Berhati-hatilah dalam berkendara aturi tata tertib lalu lintas , siapkan fisik anda sebaik mungkin, dan yang paling pnting utamakan keselamatan anda.


By digitalworld with

Related Article