September 25, 2014

Tips waktu tidur yang Baik

Kawan, tahukah anda bahwa Setiap orang rata-rata akan tidur selama 24 tahun selama hidupnya.

Dan berapakah jam tidur yang paling baik dan Efektif ? serta posisi tidur seperti apa yang disarankan ? baik kawan, kita ulas satu persatu ya... 

Sebelumya ada pertanyaan dari teman lama ni, dia baru 19 tahun : "oh ya plen dulu saya sering bangun pagi sebelum subuh, dan tidurnya pun agak malam. Tapi kok sekarang udah sulit banget yak buat bangun pagi, hufttttt  :( , gak kaya dulu. Padahal jam tidurnya pun sama !".

Oke kawan, kami akan bantu jawab permasalahannya.
Tubuh memang memperlukan Istirahat untuk memulihkan kembali Energi yang telah dikuras pada siang hari. Dan waktu yang normal untuk usia 18 tahun keatas iyalah tidur antara 6 sampai 7 jam setiap malamnya. Namun kebiyasaan yang jelak yang sering dilakukan remaja iyalah Begadang. duuhhh duuuuhhhhh, Begadang jangan begadang, kalau tiad artinya, hahahahaaaa :D , seperti Lirik layu bang Haji Roma Irama saja.  

Buat remaja jangan keseringan begadang malam ya, karena hal ini akan membuat anda kelelahan pada siang hari serta bangun menjadi lebih siang. Study terbaru menunjukkan pola tidur yang berbeda antara remaja, anak-anak, serta orang Dewasa. Study ini menunjukkan bahwa hormon melatoni pada remaja diproduksi pada malam hari, beda dengan anak-anak dan orang dewasa, nahhh Hormon inilah yang mempengarui remaja sulit tidur dan bangun lebih pagi.

Bila hal terebut terus menerus terjadi, dan juga disertai beban aktivitas fisik yang berlebihan, remaja akan menjadi sulit tidur, dan akan menjadi stres karena hanya memikirkan hal-hal yang sepele. Selain itu juga akan mempengaruhi konsentrasi belajar dan bekerja serta secara emosional akan mudah sedih dan depresi. Jannn Gawatttttttt !!!

Tenang kawan, untuk mengatasinya anda dapat menetapkan waktu tidur yang teratur. Bagi usia Remaja dan Dewasa waktu terbaik untuk tidur iyalah jam 9-12 malam, dan waktu bangun pukul 4-5 pagi. Asumsikan anda tidur 6-7 jam setiap malam. Dan jika aktivitas anda baru dimulai lebih siang, gunakan waktu pagi anda untuk berolahraga, ataupun aktivitas lain seperti belajar, dll. Lakukan pola tidur ini terus selama satu minggu sehingga tubuh akhirnya terbiasa.

Nahhh sekarang posisi tidur yang baik buat tubuh dan sunah yang dilakukan oleh nabi Muhammad SAW. Posisi tidur yang baik iyalah kaki lurus dan jangan ditekuk, dengan tangan kanan dibagian bawah dan tangan kiri diatas digunakan sebagai bantal di taruh bawah pipi serta posisi tubuh miring menghadap ke samping kanan. Kebiyasaan yang dilakukan nabi sebelum tidur adalah berwudlu dulu seperti mau sholat, serta berdoa, dan berdzikir sebelum beliau terlelap dalam tidurnya. Subhanallahhhhhhh...

Cukup jelas kan kawan mengenai Tips waktu dan cara tidur yang baik. Moga memberikan manfaat dan selamat dicontoh ya,,, :)

By digitalworld with

Related Article