September 19, 2014

Mengatasi bau pada Daging Kambing

Idul Adha sebentar lagi, Kumandang takbir pun segera mengiringi datangnya tanggal 10 Dzulhijah.

Pastinya umat islam pun mempersiapkan segala kebutuhan di bulan tersebut. Mulai dari persiapan memilih hewan kurban, penyembelihan, hingga sampai prosesi memasak daging.

Nahhhhh pastinya ibu-ibu kesulitan nih bagaimana cara mengolah daging kurban. Trus bagaimana cara penyimpanan yang baik ?

oke, pada tema kali ini akan dibahas mengenai cara mengatasi bau pada daging Kambing. Salah satu hal yang membuat banyak orang malas untuk mengolah sendiri daging Kambing adalah karena biasanya daging kambing meneluarkan bau prengus, nah bau prengus ini berasal dari feromon yang dihasilkan dari tubuh kambing, terutama kambing jantan.

Berikut beberapa cara / tips menghilangkan atau paling tidak mengurangi bau pada daging.

1. Cara Memotong
Cara menyembelih hewan lah cara yang paling penting, jika kamu hendak memotong dan menguliti hewan , jangan gunakan tangan yang sama untuk memotongnya.Bau pada Kambing ini biasanya berada dibagian tanduk , nahh jika tangan kiri sudah digunakan untuk memegang tanduk dan menguliti kambing, jangan gunakan tangan yang sama untuk memegang dagingnya. fahimna..? oke lancut tips yang ke dua.

2. Proses Aging
Sebaiknya daging jangan langsung dimasak, karena hal tersebut akan menimbulkan bau prengus. Selain itu akan menimbulkan daging menjadi lebih alot, karena kambing disembelih dalam keadaan tegang. Setelah daging dikuliti sebaiknya gantung kambing utuh dalam keadaan terbalik, kaki dibagian atas, sedangkan kepala dibagian bawah. nahhhh cara inilah yang disebut dengan Proses Aging, Proses aging ini bertujuan untuk menghilangkankan sisa darah yang masih ada dalam tubuh kambing. Proses ini memperlukan waktu 24 jam. Selain itu juga ada alternatif lain dengan memasukkanya kedalam lemari es dengan suhu 4 drajat celcius, dan membungkusnya dengan handuk bersih.


3. Gunakan bumbu dapur
untuk menghilangkan bau prengus pada daging, bisa menggunakan beberapa campuran bumbu dapur seperti, kunyit, jahe, salam, lengkuas, dan sereh. Bumbu tersebut dihaluskan, lalu dicampurkan kedalam Daging yang direbus. Bumbu-bumbu tersebut diyakini bisa menghilangkan bau prengus pada daging.

4. Menambahkan Mentimun
Caranya iyalah, remas daging kambing yang sudah dipotong-potong bersama dengan irisan mentimun, lalu diamkan beberapa saat. Nahhhh getah pada mentimun inilah yang akan mengurangi bau prengus pada daging Kambing.

5. Minimalkan penggunaan Air
Banyak yang berpendapat bahwa agar tidak bau prengus, daging yang mau dimasak tidak perlu di cuci, tapi hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Sebenarnya gak masalah jika harus dicuci, namun harus segera dikeringkan kembali dengan handuk bersih, namun hindarkan seminimal mungkin daging kambing dengan air jika belum akan dimasak.



By digitalworld with

Related Article