January 27, 2011

Tips Mengolah Wortel untuk Anak



Mungkin Anda kesulitan untuk meminta anak Anda makan sayur-sayuran terutama anak yang masih balita. Padahal sayur sangat baik untuk tumbuh kembang anak pada usia tersebut. Termasuk sayur yang satu ini, ya wortel, sayur ini dikenal banyak mengandung vitamin A yang baik bagi kesehatan mata. Mungkin Anda bingung bagaimana cara mengolahnya agar anak mudah dan suka mengonsumsinya. Disi lain memasak sayuran (wortel) terlalu lama akan menghilangkan kandungan positif di dalamnya. Namun bila tidak dimasak hingga lembut, anak yang masih balita akan kesulitan untuk mengunyahnya. Terus bagaimana sebaiknya kita mengolah sayuran tersebut?

Agar kandungan enzim dan berbagai vitamin dalam sayuran tetap terjaga, sebaiknya memang diberikan tanpa proses pemasakan tetapi dicuci bersih. Namun, bila hal itu tidak memungkinkan, masak sayur (wortel) dengan cara dikukus hingga sayur agak lunak, tetapi jangan sampai benar-benar lunak, selain dikukus Anda juga bisa memasaknya dengan cara ditumis atau direbus dengan menyertakan air rebusan dalam menu anak.

Untuk memilih wortel sebaiknya Anda memilih wortel lokal daripada wortel impor. Mengapa, waktu pengiriman (distribusi) wortel lokal lebih singkat sehingga kesegaran dan kealamian lebih meyakinkan

By digitalworld with

Related Article