January 19, 2011

5 Manfaat Menjadi Donor Darah



Anggapan yang selama ini menyatakan bahwa donor darah akan membuat tubuh kita menjadi lemas adalah salah. Perlu Anda tahu bahwa dengan menjadi donor darah kita justru akan mendapatkan beberapa manfaat kesehatan bagi kita.

Saat kita medonorkan darah kita, maka tubuh akan bereaksi langsung dengan membuat penggantinya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan mengalami kekurangan darah. Selain membuat tubuh memproduksi darah-darah baru, ada lima manfaat lain yang dapat kita rasakan, diantaranya :

1. Menjaga kesehatan jantung
Tingginya kadar zat besi dalam darah akan membuat seseorang menjadi lebih rentan terhadap penyakit jantung. Zat besi yang berlebihan di dalam darah bisa menyebabkan oksidasi kolesterol. Produk oksidasi tersebut akan menumpuk pada dinding arteri dan ini sama dengan memperbesar peluang terkena serangan jantung dan stroke. Saat kita rutin mendonorkan darah maka jumlah zat besi dalam darah bisa lebih stabil. Ini artinya menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Meningkatkan produksi sel darah merah
Dengan donor darah, berarti kita telah membantu tubh kita sendiri mengurangi jumlah sel darah merah dalam darah. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena sumsum tulang belakang akan segera mengisi ulang sel darah merah yang telah hilang. Itu artinya, kita akan mendapatkan pasokan darah baru setiap kali kita melakukan donor darah

3. Membantu penurunan berat tubuh
Memberikan 450 ml darah, akan membantu proses pembakaran kalori kira-kira 650. itu adalah jumlah kalori yang banyak untuk membuat pinggang kita menjadi ramping. Dan tu berarti dengan menjadi donor darah kita telah melakukan metode diet yang ampuh dan aman.

4. Mendeteksi penyakit serius
Pada saat kita akan menjadi donor darah, prosedur standarnya kita akan diperiksa dari berbagai macam penyakit sepereti HIV, hepatitis B, hepatitis C, sifilis dan malaria. Bagi penerima donor, ini adalah informasi penting untuk mengantisipasi penularan penyakit melalui transfuse darah. Dan bagi pendonor, ini adalah "rambu peringatan" agar kita lebih perhatian dengan kondisi kesehatan kita sendiri.

5. Mendapatkan kesehatan psikologis
Selain manfaat kesehatan fisik, kita juga akan mendapatkan manfaat kesehatan psikologis. Karena kita akan merasakan kepuasan psikologis setelah menyumbangkan hal yang tidak ternilai harganya. Dan menurut sebuah penelitian menemukan, bahwa orang usia lanjut yang rutin menjadi donor darah akan merasakan tetap berenergi dan bugar.

Oleh karena itu, setelah menginjak usia 18 tahun, cobalah untuk membiasakan diri uuntuk mendonorkan darah setiap tiga bulan sekali. Selain merasakan kepuasan psikologis, Anda juga akan mendapatkan manfaat positif bagi kesehatan tubuh bagi kita sendiri.

By digitalworld with

Related Article