January 25, 2011

Cara Putihkan Baju dengan Bahan Alami


Baju Anda terkena noda bekas karat, jus, atau noda yang membandel sehingga sangat sulit dibersihkan? Banyak iklan-iklan yang menawarkan bahan-bahan pembersih yang terbuat dari zat-zat kimia buatan, yang terkadang membuat alergi pada tubuh dan tentunya juga merusak lingkungan. Nah, daripada Anda menggunakan pembersih atau pemutih buatan lebih baik gunakan buah yang satu ini. Buah lemon ternyata mampu membantu mengatasi noda-noda membandel pada pakaian, bahkan noda yang tidak bisa dibersihkan oleh pembersih-pembersih dengan bahan kimia, dapat diatasi oleh buah lemon ini.

Pengen tahu noda apa saja yang dapat dibersihkan oleh enzim asam kuat dari lemon ini? Langsung saja simak berikut ini.

  1. Pengganti pemutih baju
    Asam pada lemon dapat melerai noda yang menempel pada baju hingga membantu menjaga pakaian tetap berwarna cerah. Cara penggunaannya, campurkan 1 cangkir perasan lemon ke dalam rendaman pakaian yang sudah diberikan deterjen. Selain berfungsi sebagai alternatif pemutih yang baik pada pakaian yang bewarna putih, lemon juga aman pada pakaian berwarna dan tidak membuat "bladus". Dan satu lagi kalau pemutih dari bahan kimia biasanya baunya menyengat, nah dengan lemon aromanya lebih bersahabat dan tidak sekeras pemutih.

  2. Menghilangkan Noda Bekas karat
    Noda bekas cokelat, saus tomat, kopi dan lainnya dapat hilang dengan pemutih. Namun bagaimana dengan noda bekas karat? Noda bekas karat sulit dihilangkan, dan pemutih tidak dapat melakukan itu dengan optimal. Nah, lemon adalah senjata ampuh yang dapat kita gunakan untuk menghilangkan noda-noda bekas karat yang menempel pada baju kita. Cara penggunaannya adalah sebagai berikut.

    Pertama, rebus air dalam teko, basahkan area yang terkena noda karat dengan air perasan lemon. Kemudian uapi di atas teko yang sudah mendidih selama beberapa saat.Kemudian cuci bagian tersebut menggunakan deterjen seperti biasanya.

  3. Menghilangkan noda bekas jus
    Noda jus merupakan noda yang cukup susah dihilangkan, gunakan campuran air perasan lemon untuk mencucinya. Caranya, campurkan 1/3 cangkir air perasan lemon dengan 2/3 cangkir air putih. Kemudian rendam noda dalam campuran tadi selama beberapa saat,lalu cuci baju Anda seperti biasa.

  4. Noda yang Membandel
    Namanya noda membandel,ya pasti sulit banget untuk dibersihkan. Contoh noda yang membandel adalah jamur, noda jamur ini dapat diatasi dengan pasta dari lemon. Caranya, buat pasta dari air perasan lemon dan garam. Peras lemon pada mangkuk kecil, dan tambahkan garam secukupnya, aduk, hingga menjadi pasta. Kemudian aplikasikan pada noda pakaian tersebut, dan keringkan di bawah sinar matahari, lalu cuci seperti biasa.

By digitalworld with

Related Article