January 27, 2011

Cara Mencegah Risiko Kanker


Penyakit kanker memang sudah menjadi momok yang menakutkan bagi semua orang. Penyakit ini sering dianggap sebagai penyakit yang mematikan karena memang tidak mudah untuk mengobati atau menghilangkan penyakit ini. Sebenarnya setiap orang memiliki sel kanker di dalam tubuhnya, namun apabila pertumbuhannya yang pesat atau melebihi batas normal inilah yang membahayakan. Penyakit kanker ini memang tidak hanya menyerang salah satu organ manusia saja, seperti yang kita tahu bahwa jenis kanker bermacam-macam.

Sebenarnya sebagian dari penyakit kanker dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat. Namun memang hal ini lah yang sulit. Bagaimanakah pola hidup sehat yang sebenarnya dan yang paling baik mungkin masih menjadi pertanyaan bagi sebagian masyarakat kita. Namun para ilmuwan mengklaim bahwa diperkirakan sepertiga dari kasus kanker yang terjadi dapat dicegah dengan melakukan diet sehat. Selain itu menghindari hal-hal yang memicu kanker seperti rokok, asap knalpot, dan stress juga akan memberikan dampak yang positif.

Untuk melindungi tubuh kita dari resiko kanker, World Cancer Research Found merekomendasikan beberapa cara yang dapat kita lakukan adalah seperti berikut ini:

  1. Menjaga Berat badan Tetap Ideal
    Memiliki berat badan yang ideal merupakan cara yang paling baik untuk mengurangi resiko kanker. Selain itu, tidak memiliki berat badan yag lebih juga dapat melindungi tubuh dari resiko terkena diabetes dan penyakit jantung.

  2. Menghindari Makanan tinggi lemak, garam dan Kalori
    Jika kita mampu menghindari ketiga makanan tersebut dan juga menghindari minuman manis secara bersamaan, hal itu akan mengurangi risiko kanker dalam tubuh kita. Selain itu, membatasi konsumsi daging terutama daging atau produk olahan hal itu juga akan memberikan efek yang positif. Dan sebaiknya memperbanyak konsumsi serat dan berbagai jenis sayuran , buah dan beberapa jenis kacang-kacangan sebagai gantinya.

  3. Hindari mengonsumsi suplemen untuk melindungi diri dari kanker
    Berbagai jenis suplemen terbukti tidak efektif untuk mengurangi risiko kanker, dan bahkan ada beberapa jenis suplemen yang terbukti berbahaya bagi tubuh.

  4. Memberikan ASI eklusif selama 6 bulan pada bayi Anda
    Mungkin Anda adalah seorang wanita karier yang sibuk dengan segala aktivitas Anda, tetapi berikanlah ASi secara eklusif pada 6 bulan pertama bagi bayi Anda. Ada berbagai bukti yang menyatakan bahwa ASI eksklusif bisa mengurangi risiko kanker pada bayi dan mengurangi kesempatan pada anak menjadi obesitas.

  5. Melakukan Olahraga secara teratur
    Olahraga secara teratur minimal 30 menit setiap hari seperti berjalan cepat dapat mengurangi resiko kanker dan juga bermanfaat bagi jantung serta menjaga ukuran ligkar pinggang.


sumber : DetikHealth

By digitalworld with

Related Article