January 24, 2011

10 Makanan Paling Sehat



Sekarang ini semuanya menjadi sangat instant. Makanan pun juga begitu, makanan instant sudah menjadi favorit bagi masyarakat kita. Namun tanpa disadari banyak penyakit yang timbul karena terlalu banyak mengonsumsi makanan instant ini. Nah, mulai saat ini, sudah sepantasnya kita berpikir untuk memilih makanan yang sehat, dengan begitu tubuh kita akan lebih segar dan jauh dari serangan berbagai macam penyakit.

10 makanan di bawah ini adalah makanan-makanan sehat yang sudah teruji mampu melawan penyakit dan meningkatkan energi. Menambahkan makanan-makanan dibawah ini dalam menu makanan Anda setiap hari , berarti Anda sudah menyayangi tubuh Anda, karena Anda akan mendapatkan tubuh yang sehat secara optimal.

  1. Lemon
    Di dalam buah ini terdapat 100 persen Vitamin C yang kita butuhkan setiap hari. Vitamin C berfungsi meningkatkan kadar kolesterol 'baik' HDL dan juga memperkuat tulang. Flavonoid yang terkandung dalam lemon bisa menekan pertumbuhan sel kanker dan berperan sebagai antiperadangan.

    Tips: Tambahkan potongan lemon dalam the hijau, citrus mampu menaikkan kemampuan tubuh menyerap antioksidan dalam teh hingga 80 persen
  2. Brokoli
    Satu tangkai brokoli ukuran sedang mengandung lebih dari 100 persen Vitamin K yang dibutuhkan setiap hari, dan hampir 200 persen dosis vitamin C dianjurkan. Kedua nutrisi tersebut sangat penting untuk pembentukan tulang kita. Porsi brokoli yang sama juga mampu menjadi senjata ampuh melawan kanker.

    Tips: Untuk mempertahankan 90 persen kandungan vitamin C dalam brokoli, gunakanlah microwave untuk memasaknya. Mengukus atau merebus hanya dapat mempertahankan nutrisi sebanyak 66 persen.
  3. Cokelat Hitam
    Dengan mengonsumsi 7 gram cokelat hitam setiap hari bisa menurunkan tekanan darah. Bubuk kakao sangat kaya akan flavonoid, yaitu antioksidan yan baik dalam menekan kolesterol 'jahat' LDL dan meningkatkan kolesterol 'baik' HDL.

    Berdasarkan studi yang dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, melaporkan bubuk kakao yang dijual saat ini memiliki flavonoid delapan kali lebih banyak dari kakao konvensional.

    Tips: Cokelat hitam batangan mengandung 53,5 mg flavonoid, sedangkan cokelat susu batangan hanya memiliki flavonoid kurang dari 14 mg.
  4. Kentang
    Kentang merah memiliki 66 mikrogram folat pembentuk sel, jumlah ini sama dengan yang ditemukan dalam 30 gram bayam dan 91 gram brokoli. Dalam satu buah ubi manis mengandung vitamin A delapan kali lebih banyak dari kebutuhan harian kita. Vitamin ini bermanfaat melawan kanker dan meningkatkan system kekebalan tubuh.

    Tips: Sebaiknya tunggu kentang dingin sebelum dikonsumsi. Penelitian menemukan bahwa dengan cara ini akan membantu kita membakar lemak lebih banyak 25 persen usai makan.

  5. Salmon
    Makanan dari laut ini kaya akan kandungan asam lemak Omega-3 yang berfungsi menurunkan risiko depresi, penyakit jantung, dan kanker. Mengonsumsi 85 gram salmon sudah memberikan 50 persen niacin yang dibutuhkan tubuh per hari. Niacin berfungsi melindungi kita dari serangan Alzheimer dan pikun. Tips: lebih baik Anda pilih salmon yang liar daripada yang dibudidayakan untuk hasil yang maksimal.

  6. Kenari
    Kenari mengandung asam lemak Omega-3, yang berfungsi sebagai penurun kolesterol, paling banyak dari kelommpok kacang lainnya. Omega-3 juga berfungsi sebagai peningkat mood dan pelawan kanker.

    Tips : Konsumsi sedikit kacang kenari sebagai makanan penutup. Kandungan antioksidan melatonin dalam kenari akan membantu mengatur jam tidur.

  7. Avokad
    Lemak yang terkandung dalam avokad terbukti sehat dan dapat menurunkan kolesterol hingga 22 persen. Satu buah avokad memiliki lebih dari 50 persen serat dan 40 persen folat yang kita perlukan setiap hari, yang dapat menekan risiko penyakit jantung.

  8. Bawang Putih
    Rempah yang satu ini memang terkenal baik untuk kesehatan, bawang putih mampu menekan perkembangan bakteri, termasuk Ecoli. Kandungan allicin di dalamnya bekerja sebagai zat antiperadangan dan membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.

    Tips: Hancurkan bawang putih segar untuk mendapatkan allicin terbaik. Jangan terlalu lama, paparan suhu panas lebih dari 10 menit akan membuat nutrisi baik dalam bawang putih menghilang.

  9. Bayam
    Lutein dan zeaxanthin merupakan dua antioksidan peningkat system imun yang sangat baik bagi kesehatan mata. Selain itu dibanding semua buah dan sayuran pelawan kanker, bayam adalah salah satu "senjata" paling efektif.

    Tips: Karena tidak berasa, tambahkan bayam dalam smoothie. campurkan 30 gram bayam, 110 gram wortel parut, 1 buah pisang, 1 cangkir jus apel dan es batu dalam blender hingga tercampur rata.

  10. Polong-polongan
    Mengonsumsi satu porsi polong-polongan (kacang polong, lenil) empat kali seminggu bisa menurunkan risiko penyakit jantung hingga 22 persen. Selain itu juga bisa menurunkan risiko kanker payudara

    Tips: Semakin gelap warnanya, semakin banyak pula kandungan antioksidan dalam polong-polongan tersebut. Sebuah studi menemukan, kacang berwarna hitam mengandung antioksidan 40 kali lebih banyak dibanding kacang berwarna putih.


Sumber: Kompas

By digitalworld with

Related Article