January 30, 2011

Cara Mencegah Jerawat



Meginjak usia remaja, biasanya bintik-bintik merah ini akan mulai muncul di wajah, ya benar sekali jerawat. Jerawat memang menjadi hal yang mungkin menakutkan bagi sebagian besar kaum remaja. Bahkan tidak hanya remaja, pada usia yang sudah menginjak usia dewasa pun terkadang masih diganggu jerawat. Nah, kalau jerawat sudah muncul dipermukaan wajah, tentu saja kita akan panik,karena tentu saja itu sangat mengganggu penampilan. Jika kita panik dan stress dengan adanya jerawat, eh jerawat malah semakin banyak. Bagaimana kalau begitu?

Mencegah lebih baik daripada mengobati, begitu juga dengan jerawat. Mencegah jerawat tumbuh di wajah kita lebih baik daripada mengobatinya,karena ada jenis jerawat yang sulit diiobati, dan bisa jadi justru obatnya membuat kulit wajah semakin rusak karena tidak cocok dengan kulitnya.Terus apa saja yang dapat kita lakukan untuk mencegah jerawat agar tidak muncul ke permukaan wajah kita,simak tips berikut ini.

  1. Rajin-Rajinlah Membersihkan Wajah
    Kotoran dan bakteri yang menempel pada wajah bisa menjadi salah satu penyebab nunculnya jerawat. Rajin mencuci muka dan membersihkan wajah dengan susu pembersih adalah salah satu cara untuk mencegah jerawat muncul di permukaan wajah .

  2. Singkirkan Rambut dari Wajah
    Rambut biasanya akan lebih gambang kotor dan berminyak saat kita melakukan aktivitas sehari-hari. Nah, bila rambut sampai menempel pada wajah, maka kotoran pada rambut bisa pindah ke wajah yang dapat menimbulkan jerawat.

  3. Cuci sarung Bantal dan Sprei secara teratur.
    Tanpa disadari bila kita tidur dengan rambut yang kotor dan wajah yang tidak bersih, maka kotorannya bisa berpindah ke sarung bantal dan sprei. Apabila tidak rajin dicuci, kotorannya akan semakin banyak dan jika wajah menempel di batal maka kotoran pada sarung bantal atau sprei tersebut akan kembali berpindah ke wajah kembali.

  4. Minum air 8 gelas sehari
    Dengan minum air yang cukup, akan membantu tubuh mengeluarkan racun dan zat-zat yang tidak berguna dalam tubuh. Hal ini juga akan mengurangi risiko timbulnya jerawat.
  5. Mengurangi penggunaaan Kosmetik
    Menggunakan kosmetik dapat menyumbat pori-pori wajah. Dan hal ini akan membuat pori-pori tidak bisa bernafas dengan baik. Sebaiknya pilih kosmetik yang berbahan dasar air, itu akan mengurangi potensi timbulnya jerawat jika dibandingkan kosmetik berbahan dasar minyak.

  6. Jangan Pencet-Pencet Jerawat
    Menyentuh wajah dengan tangan kotor apalagi memencet jerawat, itu akan memicu meningkatnya minyak dan kotoran di wajah. Saat memencet jerawat, lapisan yang ada di bawah kulit dapat menjadi rusak dan menyebabkan minyak wajah menyebar ke bagian lain dari wajah sehingga jerawat timbul semakin banyak

  7. Gunakan Masker Pencegah Jerawat Secara Teratur
    Menggunakan masker madu dan jeruk nipis dapat menghilangkan bakteri dan minyak di wajah.

By digitalworld with

Related Article