January 31, 2011

Aturan Berenang Saat Hamil



Olahraga sangat baik bagi wanita yang sedang hamil, asalkan masih dalam batasan dan aturan yang aman bagi tubuh si ibu dan janinnya. Olahraga air seperti berenang atau aquarobik, juga memberikan manfaat bagi wanita yang sedang hamil. Olahraga di dalam air memiliki resiko yang lebih kecil daripada olahraga lainnya. Sebaiknya lakukan olahraga di air 3 sampai 5 kali dalam seminggu, masing-masing selama 30 menit, atau konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda.

Selain berkonsultasi dengan dokter, sebaiknya Anda memerhatikan aturan berenang bagi ibu hamil atau rambu-rambu sebelum Anda mulai berenang.

  1. Renang dan aquarobik dapat dilakukan pada usia kandungan berapapun
  2. Semua gaya renang diperbolehkan dilakukan ibu hamil. Gaya dada atau gaya katak melatih kelenturan dan kekuatan otot panggul hingga kaki. Gaya bebas dapat melatih bahu, Gaya punggung menstimulasi daerah lengan, punggung, dan kaki. Namun gaya kupu-kupu sulit dilakukan oleh ibu hamil dengan perut yang besar.
  3. Perhatikan kondisi fisik Anda ketika berolahraga, jika tubuh sudah memberikan sinyallelah, maka segeralah beristirahat. Apalagi jika merasakan tegang di sekitar wilayah perut,bisa –bisa nanti terjadi kontraksi.
  4. Perhatikan dan waspadai kondisi air kolam renang,pilihlah kolam yang memiliki kualitas air yang baik (bersih). Air yang tercemar bisa berisiko infeksi
  5. Waspadai dan hati-hati di sekitar kolam renang ,karena keseimbangan tubuh ibu hamil berkurang. Jika tidak hati-hati dikhawatirkan ketika berjalan di tepi kolam akan terpeleset
  6. Hindari dan sebaiknya tidak Anda lakukan, yaitu melompat langsung ke dalam kolam. Hal itu bisa membuat tekanan air ke vagina besar sehingga dikhawatirkan akan merusak selaput yang melindungi janin. Sebaiknya turunlah ke kolam melalui tangga yang ada.

Manfaat Olahraga Renang atau Aquarobik
  • Melatih paru-paru dan jantung. Manfaat ini sama dengan berolahraga aerobik, berlari, atau berjalan.
  • Otot-otot menjadi kuat sehingga membantu menopang punggung dan pinggang yang sering terasa pegal-pegal.
  • Melancarkan peredaran darah sehingga oksigen dan nutrisi mencukupi kebutuhan.
  • Berolahraga di darat bisa membuat panas tubuh melonjak, sedangkan berenang tidak karena dilakukan di dalam air. Suhu tubuh ibu hamil akan tetap terjaga kestabilannya.


Sumber : KompasFemale

By digitalworld with

Related Article