March 7, 2011

Minum Es saat Haid, Boleh Tidak?



Saat haid kita tidak boleh minum es, benarkah? Banyak orang bilang bahwa saat haid tidak diperbolehkan untuk minum es, karena bisa menyebabkan darah keluar tidak lancar dan meninggalkan sisa di dinding rahim bahkan ada yang mengatakan dalam waktu lima tahun atau lebih itu bisa menyebabkan kista, tumor bahkan kanker rahim. Tapi benarkah demikian?

Sebagai seorang wanita yang normal tentu saja tidak ingin mengalami hal itu,sehingga sebagian besar masyarakat pun percaya akan kabar tersebut. Karena anggapan itu banyak dari perempuan yang takut minum air es saat menstruasi. Tidak saya pungkiri saya pun demikian, namun ternyata anggapan itu hanya mitos saja. seperti dikutip dari detikhealth tidak ada kaitannya antara air es dan proses menstruasi, karena menstruasi berhubungan dengan hormone tubuh yaitu estrogen.

Menstruasi adalah proses luruhnya dinidng rahim karena tidak adanya pembuahan, sakit atau tidaknya atau banyak tidaknya darah yang keluar itudipengaruhi oleh hormon dan factor psikologis. Keluhan saat haid jugabisa disebabkan oleh factor posisi rahim, bila posisi rahim menyebabkan leher rahim terjepit, maka akan menimbulkan rasa nyeri.

Dan tidak ada hubungannya antara air es dan proses menstruasi, jika selama seseorang perempuan tidak merasakan sakit atau perut kembung saat menstruasi, minuum es boleh-boleh saja.

By digitalworld with

Related Article

  • Populer
  • Kategori
  • Arsip