March 14, 2011

Manfaat Ampuh Kulit Pisang



Jangan membuang kulit pisang sembarangan, mungkin nasihat itu sering sekali Anda dengar dan Anda juga memberikan nasihat kepada anak Anda seperti itu. Alasan utama tidak boleh membuang kulit pisang sembarangan disini adalah karena takut nanti akan membuat orang terpeleset. Namun disamping untuk alasan tersebut, ternyata kulit pisang mempunyai banyak manfaat seperti mengobati kutil bahkan mengkilapkan sepatu,jadi sayang kan bila kita membuangnya juga?

Seperti dikutip dari detikhealth, kulit pisang memiliki beragam manfaat yang mungkin tidak Anda duga sebelumnya. Salah satunya adalah memurnikan air, berdasarkan sebuah penilitian di jurnal Industrial & Engineering Chemistry research, kulit pisang bisa menyaring logam berat terutama timbal dan tembaga. Dan berikut ini adalah beberapa manfaat kulit pisang.

  1. Memurnikan Air
    Seperti keterangan di atas, kulit pisang bisa memurnikan air. Dalam penelitian itu, kulit pisang hanya dicincang kecil-kecil lau dimasukan ke dalam air yang tercemar. Dan cincangan kulit pisang tersebut bisa digunkan hingga 11 kali tanpa kehilangan kemampuan untuk menyerap logam berat.

  2. Meredakan Nyeri
    Kulit pisang memiliki kandungan minyak nabati yang mempunyai senyawa tertentu yang bisa meredakan nyeri. Caranya tempelkan kulit pisang yang bersih dan masih segar pada luka bakar atau tergores agar rasa nyeri bisa berkurang.

  3. Mengatasi Gatal
    Kulit pisang juga bisa mengatasi gatal-gatal akibat gigitan serangga atau alergi ringan, caranya tempelkan kulit pisang pada permukaan kulit yang terasa gatal.

  4. Mengobati Kutil
    Kulit pisang diyakini memiliki aktivitas antivirus, sehingga banyak yang memanfaatkannya untuk menghilangkan kutil dari permukaan kulit. Caranya cukup tempelkan kulit pisang kemudian tahan dengan plester dan biarkan hingga sembuh dengan sendirinya.

  5. Mempercepat kesembuhan Luka
    Mengoleskan kulit pisang pada luka yang terasa gatal karena tertutup serpihan kulit mati yang mengeras akan mempercepat proses penyembuhan luka.

  6. Menyuburkan Tanah
    Kulit pisang ternyata juga bagus untuk keseuburan tanah, selain digunakan untuk campuran pupuk kompos, kulit pisang bisa langung ditimbun untuk menyuburkan tanaman di sekitarnya karena kandungan potassium yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman.

  7. Mengkilapkan tanaman Hias
    Anda ingin tanaman hias Anda daunnya nampak mengkilap? Dengan memoleskan sisi dalam kulit pisang yang lunak pada tanaman hias Anda seperti anthuarium, atau gelombang cinta, daun-daun tanaman hias Anda akan tampak mengkilap dan lebih menarik.

  8. Mengkilapkan Sepatu
    Anda bisa memanfaatkan kulit pisang sebagai pengganti semir sepatu Anda saat Anda kehabisan semir sepatu. Cukup poleskan kulit pisang ke sepatu kulit Anda agar nampak mengkilap.

By digitalworld with

Related Article

  • Populer
  • Kategori
  • Arsip