March 4, 2011

Membuat Bumbu Pepes



Pepes biasanya dimasak dengan cara dibungkus daun (pisang) kemudian dikukus hingga matang, tetapi pepes juga bisa dimasak dengan menggunakan alumunium foil atau wadah yang tahan panas. Mungkin sebagian besar dari kita, tahunya pepes ayam dan ikan, tapi sebenarnya semua bahan bisa dibuat pepes, seperti udang, cumi, ikan asin,ikan mas, teri basah, tahu atau tempe. Dari semua bahan itu dapat dibuat menjadi pepes yang lezat asalkan kita bisa memberikan bumbu yang pas dan pastinya bumbunya bisa meresap dengan sempurna. Untuk bumbu pepes sendiri ada dua jenis, yaitu halus dan iris. Nah, supaya lebih jelas, simak saja ulasan di bawah ini dan juga ada beberapa tips bagaimana membuat pepes agar semakin nikmat dan lezat.

Bumbu Pepes

Bumbu pepes ada dua jenis seperti yang saya katakana di atas, yaitu bumbu halus dan iris.

  1. Bumbu Halus
    Bumbu halus pun juga ada dua macam yaitu bumbu putih dan bumbu kuning. Bumbu putih terbuat dari bawang merah, bawang putih, kemiri, dan ditambah irisan daun salam dan serai. Bumbu kuning sama seperti bahan dari bumbu puith bedanya hanya ditambah dengan kunyit yang dihaluskan.
  2. Bumbu iris
    Bumbu iris ini biasanya untuk pepes ikan asin pedas, pepes tahu atau pepes jamur, bahannya adalah cabai, bawang merah, tomat, daunsalam, serai, daun bawang, kemangi dan bisa ditambahkan cabe rawit utuh.


Membungkus Pepes

Membungkus pepes sebenarnya juga ada beberapa macam, namun yang sering digunakan biasanya adalah bungkus tum atau digulung dengan daun pisang. Bungkus tum biasanya untuk pepes tahu, tempe, atau pepes jamur. Sedangkan untuk pepes teri basah, pepes peda, dan pepes ikan mas biasanya digulung dengan daun pisang dan disemat di bagian kiri dan kanan daun.

Tips membuat pepes
  1. Agar tulang ayam atau duri ikan lunak,tambahkan sedikit ragi instant pada bumbu sebelum dikukus, diamkan 1 jam. Kukus di atas bara api kecl agar bumbunya lebih meresap dan tulang atau durinya juga tambah lunak.
  2. Biasanya setelah dikukus, pepes akan berkurang rasa asinnya, oleh karena itu tambahkan beberapa sendok garam dalam air kukusan.
  3. Buang kepala dan isi perut ikan teri basah agar rasa pepes lebih enak dan lebih tahan lama.
  4. Tambahkan irisan jamur atau petai, kalau ingin lebih pedas, tambahkan juga cabai merah,cabai hijau iris atau bisa juga cabai rawit merah.
  5. Agar aroma bumbu lebih harum, setelah dikukus,panggang pepes di bara api sampai harum.

By digitalworld with

Related Article

  • Populer
  • Kategori
  • Arsip