September 24, 2011

Manfaat Buah Kering


Buah kering teryata memiliki kandungan nutrisi yang sama seperti buah segar. Dalam bentuk sebenarnya, buah kering sebenarnya merupakan bentuk lain dari buah segar. Hanya saja, kandungan airnya sudah dikeluarkan.

Proses pengeringan tersebut, bahkan bisa membuat beberapa jenis nutrisi lebih terkonsentrasi sehingga penyerapan ke tubuh lebih cepat. Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of the American College of Nutrition mengungkapkan bahwa jumlah antioksidan dalam buah cranberry kering, anggur dan plum dua kali lebih banyak dibandingkan buah segar.

Namun perlu disadari juga, bahwa buah kering memiliki kandungan gula dan kalori yang sama seperti buah segar. Seringkali yang membuat para pelaku diet gagal, karena mereka menganggap bisa makan buah kering sepuasnya tanpa harus mengkhawatirkan kalori.

Jadi meskipun bentuknya menyusut dari ukuran semula, tidak berkurang kadar gula maupun kalorinya. Jika ingin diet yang sehat, Anda tetap harus memerhatikan porsinya setiap kali makan.


Sebaiknya, konsumsilah buah kering setengah lebih sedikit daripada buah biasa. Misalnya saja, jika perhitungan satu porsi buah segar adalah satu mangkuk kecil, maka cukup makan setengah mangkuk ketika makan buah kering.

Camkan juga bahwa tidak semua buah kering itu aman (dari gula dan kalori berlebih). Hanya konsumsi yang benar-benar terbuat dari buah kering, tanpa pengawet, tambahan perasa, pewarna atau pemanis buatan.

Saat membelinya, bacalah informasi bahan-bahan yang digunakan. Jika hanya nama buah yang ada pada label kemasan maka bisa dipastikan buah tersebut aman. Perlu juga diperhatikan bahwa buah kering yang asli (tanpa tambahan apapun) berwarna gelap dan kisut. Ingat, buah kering bukanlah permen, jadi waspadai jika yang Anda konsumsi memiliki rasa yang sangat manis.

By digitalworld with

Related Article

  • Populer
  • Kategori
  • Arsip