September 20, 2011

Tips Mengatasi Kulit Siku Dan Lutut Yang Gelap


Sudah menjadi masalah umum kalau kulit siku dan lutut berwarna lebih gelap itu di sebabkan karena lebih sering menerima tekanan, paparan sinar matahari, dan merupakan daerah kulit yang kering .


Siku dan lutut bisa dibilang bagian tubuh yang paling sering menerima tekanan seperti saat menopang dagu atau berlutut yang membuatnya menebal. Jika daerah yang tebal ini sering terkena sinar matahari maka memicu terjadinya warna kulit yang lebih gelap.

Selain itu lapisan kulit di daerah siku dan lutut terbilang mengandung pigmen kulit (melanin) yang lebih banyak, sehingga memicu timbulnya warna kulit yang lebih gelap atau hitam.

Meski begitu ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi warna kulit yang lebih gelap di daerah siku dan juga lutut yaitu:

1. Gunakan scrub untuk menggosok daerah tersebut, karena biasanya lebih kasar dibanding daerah lain sehingga bisa menghilangkan kotoran yang menempel di daerah tersebut lalu membilasnya hingga bersih.

2. Mengelupaskan kulit, jika disebabkan oleh banyaknya tekanan maka cobalah mengelupaskan kulit tersebut dengan menggunakan kain lap dan krim exfoliating 2 kali seminggu. Tapi jangan berlebihan karena berisiko mengembangkan kulit kering atau gatal kronis.

3. Menggosok dengan air jeruk nipis, karena ia bisa menjadi agen pemulith alami yang menghilangkan warna kulit gelap. Oleskan pada kulit tersebut dan biarkan 30 menit, lalu membilas dan melembabkan daerah tersebut.

4. Menggunakan tabir surya pada siku dan lutut, karena sinar matahari lebih cepat menggelapkan daerah tersebut daripada seluruh tubuh. Kondisi ini bisa membantu mengurangi warna gelap dan menjaga kelembaban.

5. Memodifikasi perilaku, jika banyak memberikan tekanan pada lutut dan siku maka mulailah menguranginya dengan menghindari postur dan perilaku yang banyak memberi tekanan di daerah tersebut.

By digitalworld with

Related Article

  • Populer
  • Kategori
  • Arsip