September 20, 2011

Ibu Hamil Harus Jaga Asupan Makanan


Ibu hamil sebaiknya menjaga asupan makananya selama masa kehamilan karena nutrisi yang dikonsumsi saat kehamilan berpengaruh terhadap kondisi anak yang dilahirkan .

Sebaiknya ibu yang sedang hamil jangan terlalu banyak makan yang berlemak sebab bayi yang dilahirkan akan gemuk dan mempunyai hati yang kecil .

Penelitian terdahulu telah menunjukkan bahwa bayi yang mendapat asupan gizi terlalu banyak atau terlalu sedikit dalam rahim akan mengalami perubahan yang mendalam dan permanen dalam perkembangannya.

Perubahan tersebut meliputi perubahan struktur otak, hati dan pankreas. Kesemuanya meningkatkan kerentanan terhadap risiko berbagai penyakit di kemudian hari, termasuk obesitas, diabetes dan penyakit kardiovaskular.

Oleh sebab itu, ada kebutuhan mendesak untuk menginformasikan perempuan dan penyedia layanan kesehatan mengenai bahaya ibu yang makan terlalu banyak terhadap perkembangan kesehatan dan risiko penyakit kronis anak mereka di masa depan.

Seorang peneliti menggunakan tikus sebagai percobaan untuk mengonsumsi makanan kaya lemak selama kehamilan dan pengaruhnya pada bayi yang baru lahir. Tikus betina diberi makan makanan rendah lemak maupun kaya lemak selama enam bulan.

Tikus yang makan makanan tinggi lemak, berat badannya naik dan memiliki jumlah lemak lebih tinggi daripada yang mengonsumsi makanan rendah lemak. Ketika melahirkan, tikus dengan konsumsi tinggi lemak melahirkan bayi tikus yang tubuhnya mengandung banyak lemak, kurang ramping dan livernya lebih kecil daripada bayi tikus yang dilahirkan tikus dengan konsumsi makanan rendah lemak.

By digitalworld with

Related Article

  • Populer
  • Kategori
  • Arsip