March 5, 2011

Makanan Pencegah Katarak



Mata adalah salah satu bagian tubuh kita yang sangat penting dan berharga. Mengonsumsi makanan yang mengandung zat yang diperlukan mata sangat membantu agar mata tetap sehat dan berfungsi dengan sempurna. Bila ditanya makanan apa yang baik buat kesehatan mata, mungkin sebagian besar akan menjawab wortel. Ya, memang wortel memang sayuran yang memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk mata, tetapi ternyata mata tidak hanya memerlukan vitamin A saja. Vitamin C yang terdapat pada jeruk dan jambu juga sangat baik untuk menghindarkan mata dari katarak.

Vitamin A berfungsi untuk mencegah kekeringan pada mata atau disebut Xerophthalmia, selain itu juga bisa memperlambat perkembangan katarak karena usia. Vitamin A bisa diperoleh dari wortel.tomat, hati,mentega dan makanan lain yang mengandung karoten.

Selain Vitamin A, mata juga memerlukan Lutein dan zeaxanthin untuk membantu menjaga kesehtan retina. Lutein dan zeaxanthin bisa didapatkan dengan mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam. Lutein juga bisa didapatkan dari jagung, karena kandungan lutein dalam jagung tergolong tinggi.Kandungan antioksidannya untuk menjaga retina dan menguatkan saraf mata serta bisa mencegah terjadinya katarak.

Seperti yang sudah diungkapkan di atas bahwa vitamin C sangat baik untuk mencegah mata dari katarak, vitaminC dapat diperoleh dari jeruk, jambu biji, buah-buahan jenis berry, paprika,kentang, dan buah-buahan tropis yang lain. Mata juga memerlukan selenium, salah satu jenis mineral yang membantu tubuh menyerap itamin E dengan baik hingga tubuh mampu membuat antioksidan sendiri.

Zinc juga bagus untuk melindungi mata terhadap kebutaan malam atau rabun senja, Zinc sangat membantu tubu menyerap vitamin A dengan baik dan mengurangi jumlah radikal bebas yang ada si dalam tubuh. Vitamin E,Selenium dan Zinc bisa bisa didapatkan dengan sering mengonsumsi gandum kacang-kacangan, dan juga seafood.

By digitalworld with

Related Article

  • Populer
  • Kategori
  • Arsip