April 16, 2011

Resep Kue Jongkong



Ketika pertama kali saya membaca nama resep ini saya sedikit aneh dan penasaran. Kue Jongkong? “kue apa ini”, itu yang terlintas di benak saya (maklum, kebiasaan kalau makan sesuatu tidak tanya namanya dulu, yang penting halal dan enak). Mungkin Anda sudah tidak asing dengan kue ini, tetapi bagi saya yang memang sebenarnya sedang belajar untuk suka dengan kegiatan memasak atau bikin kue, kue ini membuat saya penasaran. Kue tradisional ini mungkin sudah tidak banyak ditemukan di pasar, namun jika Anda ingin mencobanya membuat sendiri di rumah, ini dia resepnya. Dan resep ini sebenarnya juga mengutip, karena seperti yang saya bilang tadi, saya baru pertama kali ini mendengar “kue jongkong”

Bahan:

  • 500 gr tepung beras
  • 500 gr tepung tapioka
  • 2 sdm air kapur sirih
  • 3 sdm gula merah, sisir
  • Garam halus secukupnya
  • ½ butir kelapa muda, parut memanjang
  • Air perasan daun suji/pewarna hijau makanan secukupnya

Cara membuat:
  1. Campur tepung beras, tepung tapioka, dan air kapur sirih. Kemudian masukkan gula merah dan garam, tuangkan santan yang telah diberi daun pandan, aduk sampai adonan kalis dan kental
  2. Tuang air daun suji/pewarna hijau makanan, kemudian aduk rata. Tuang 1 sendok sayur adonan ke atas daun pisang, bungkus tum, lalu kukus sampai matang. Setelah matang, angkat dan dinginkan.
  3. Iris tipis lalu taburi dengan kelapa parut, Kue Jongkong siap disajikan.

Kalau berdasarkan resep yang saya kutip bahan dan cara membuatnya seperti itu,tetapi jika Anda perhatikan pada bagian cara membuatnya, ternyata kita membutuhkan santan dan juga daun pandan. Ok, selamat mencoba!

Sumber : Okefood

By digitalworld with

Related Article