April 17, 2011

Vitamin Penting Bagi Ibu Hamil




Vitamin memang sangat diperlukan setiap orang agar kesehatannya tetap terjaga. Begitu juga dengan ibu hamil, wanita yang sedang hamil biasanya akan mengalami sedikit masalah kesehatan. Oleh karena itu asupan mineral dan vitamin sangat diperlukan agar kesehatan si calon Ibu dan janin tetap terjaga. Selain baik untuk kesehatan si Ibu dan perkmebangan janin, mengonsumsi vitamin yang bagus dan tepat saat hamil bisa mengurangi resiko komplikasi dan cacat pasa lahir. Dan berikut ini adalah beberapa vitamin yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil.

  1. Vitamin C
    Vitamin C sangat diperlukan oleh ibu hamil, karena biasanya kebutuhan vitamin C pada saat hamil akan lebih banyak. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi 5mg suplemen dan 25 mg vitamin C/hari. Dan makanan atau sayuran yang bisa Anda konsumsi untuk mencukupi kebutuhan vitamin C Anda antara lain, brokoli, collard hijau, lobak, parsley, kembang kol, pepaya dan selada air.

  2. Vitamin D
    Seperti halnya vitamin C, pada saat masa kehamilan kebutuhan akan vitamin D meningkat. Makanan yang bisa membantu mencukupi kebutuhan vitamin D adalah susu atau seafood.

  3. Vitamin K
    Seringkali atau bahkan hampir semua ibu hamil mengalami mual dan muntah selama kehamilan. Itu bisa memberikan sinyal bahwa tubuh Anda kekurangan vitamin K. Anda bisa mengonsumsi bayam, tomat,kuning telur dan strawberry, untuk membantu mencukupi kebutuhan vitamin K Anda.

  4. Vitamin B12
    Vitamin ini biasanya adalah vitamin tambahan yang diperlukan selama trimester kedua kehamilan. Janin membutuhkan sekitar 0,2 mcg viamin B12 per hari. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin B12 ini antara lain dari daging domba, herring, mackerel, kepiting,kerang, tahu dan keju.

Catatan : Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda untuk memastikan Anda mengonsumsi vitamin dan suplemen dengan kadar yang cukup selama kehamilan. Karena terlalu banyak mengonsumsi vitamin selama kehamilan bisa menjadikan racun pada janin bahkan bisa menyebabkan cacat pada bayi. Selain itu terlalu banyak mengonsumsi vitamin terlau banyak pada awal kehamilan , bisa menyebabkan ketidakmampuan belajar dan keguguran mendadak.

Dan selain vitamin-vitamin di atas sebenarnya masih bnyak vitamin dan mineral yag diperlukan oleh ibu hamil. Mungkin akan saya bahas di bahasan berikutnya. Oya, Anda juga bisa membaca makanan apa saja yang terbaik untuk ibu hamil disini.

Sumber : kafebalita

By digitalworld with

Related Article