April 3, 2011

Cara Mencegah Sembelit



Sembelit sering menjadi masalah yang mengganggu aktivitas kita bila tidak segera diatasi. Sembelit sendiri bisa diartikan gangguan pencernaan dimana seseorang susah untuk buang air besar atau buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu.

Penyebab dari sembelit sendiri bermacam-macam, diantaranya adalah kurang serat, kurang minum, kurang olahraga, mengonsumsi obat tertentu, perubahan gaya hidup, mengabaikan rasa ingin buang air besar dan juga beberapa penyakit tertentu yang berhubungan dengan organ pencernaan. Nah, oleh karena itu mencegah sembelit lebih baik daripada mengobatinya, apalagi caranya mudah untuk dilakukan.Untuk itu lakukanlah hal-hal berikut ini, sebelum Anda terlanjur mengalami sembelit.

  1. Makan Cukup Serat
    Memperbanyak makan makanan tinggi seperti kacang-kacangan, biji-bijian, gandum utuh, buah dan sayuran segar dapat mencegah terjadinya sembelit.

  2. Minum cukup Air
    Minum cukup air, setidaknya minum 8 gelas air putih setiap hari.

  3. Gunakan Obat Pencahar
    Bila perlu gunakan obat pencahar jenis bulk forming agent yaitu obat pencahar yang memperbesar volume tinja sehingga perut menjadi penuh seperti psyllium, methylcellulose dan pectin. Dan ini bisa diperoleh tanpa resep dokter .

  4. Olahraga
    Olahraga memang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk juga untuk kesehatan pencernaan. Olahraga setiap hari selama 20 sampai 30 menit bisa membantu sistem pencernaan Anda dan mencegah sembelit.

  5. Jangan Tunada ke toilet bila ingi buang air besar
    Usus merupakan organ yang sensitif dan penting dalam memberikan sinya-sinyal. Jika Anda menahan buang air besar, sinyal yang diberikan usus lama kelamaan akan melemah dan akhirnya seseorang akan tidak bisa memahami sinyal yang diberikan usus.

  6. Melatih Waktu buang air besar
    Mungkin cara ini juga baik dilakukan, cobalah tetapkan waktu dan latihlah sistem pencernaan Anda untuk dapat buang air besar pada jam-jam tertentu. Mulailah dengan duduk di toilet selama sepuluh menit dan tunggu respon tubuh, tetapi jangan memaksakan untuk buang air bear dengan ngeden apabila tubuh memang tidak memberikan respon

  7. Jangan Mengedan saat Buang Air besar
    Mengedan atau ngeden secara berlebihan saat buang air besar bisa menyebabkan masalah kesehatan yang lain seperti hemorrhoid atau ambeien dan masalah tekanan darah.


Sumber : DetikHealth

By digitalworld with

Related Article