April 16, 2011

Ramuan Tradisional Untuk Mengobati Batuk



Ini sebenarnya adalah pengalaman pribadi saya, sudah kira-kira 1 bulan saya batuk. Batuk saya awalnya tidak berdahak, tetapi kalau pas batuk tidak berhenti-berhenti, sampai-sampai saya tidak bisa tidur sampai jam 3 pagi. Kemudian saya beli obat batuk ke apotek, sampai obatnya habis batuknya juga belum sembuh, tetapi sudah sedikit mendingan karena batuknya menjadi berdahak, sehingga tidak begitu sakit di dada dan perut. Memang saya tidak memeriksakannya ke dokter, karena memang sejak kecil saya tidak suka dibawa ke dokter kalau sakit, satu alasannya saya tidak suka obatnya.

Nah, kebetulan saya pulang kampung, dan cerita juga sama ibuku bahwa batukku tidak sembuh-sembuh. Dan beruntunglah, saya mendapatkan resep tradisional untuk menyembuhkan batuk dari ibuku. Dan setelah saya ikuti memang obat tradisional ini tidak kalah manjur dengan obat- obat yang diberikan dokter maupun yang ada di apotek. Ok, langsung saja ini resep tradisionalnya, bahannya mudah di dapat, dan cara membuatnya pun gampang.

Bahan :

  • 1 rimpang kencur sebesar ibu jari
  • 1 cangkir air hangat
  • Garam secukupnya

Cara membuat :
Parut kencur, kemudian tambahkan air hangat tadi, kemudian peras dan sasring. Tambahkan garam secukupnya, kemudian minum. Minum ramuan ini 1-3 kali sehari

Atau jika Anda tahan dengan rasa dan baunya, cukup kunyah kencur segar, dan hisap sarinya, ampasnya dibuang.

Selain itu juga ada ramuan tradisional lagi untuk mengobati batuk, tapi untuk yang ini sebenarnya untuk anak-anak. Jika Anak Anda sedang terserang batuk, gunakan ramuan tradisional ini untuk mengobatinya.

Bahan:
  • Bunga belimbing wuluh 1 genggam
  • Adas pulo waras ½ genggam
  • Gula batu secukupnya

Cara Membuat :
  1. Campur semua bahan menjadi satu, taruh di mangkok tahan panas kemudian kukus, tanpa ditambah air.
  2. Kukus selama 1 ½ -2 jam, kemudian peras dan saring. Minumkan air perasan tasi 1 sendok makan 3 kali sehari.

By digitalworld with

Related Article