April 9, 2011

Cara Cepat Mengobati Sariawan



Sepertinya sepele, tetapi bila dibiarkan akan sangat mengganggu. Ya, sariawan, penyakit ini memang tidak berbahaya tetapi sariawan bisa mempengaruhi nafsu makan kita dan kita akan kesulitan untuk berbicara. Ada beberapa cara yag bisa dilakukan untuk mengobati sariawan.

Sariawan adalah pembekakan atau peradangan yang terjadi di lapisan mukosa mulut. Penyebabnya bisa dari beberapa faktor, seperti stres, lukan di mulut, alergi makanan, siklus haid, atau terlalu banyak minum antibiotik atau asam. Daerah yang bisa terkena sariawan diantaranya pipi, gusi,lidah, bibir dan juga langit-langit mulut. Dan bila Anda mengalami sariawan, sebaiknya segera obati agar tidak semakin parah. Beberapa bahan di rumah, bisa Anda gunakan untuk mengobati sariawan. Beberapa bahan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Berkumur dengan air Garam
    Kandungan garam bisa menarik cairan pada luka sariawan yang dapat mempercepat penyembuhan. Kumur dengan air hangat yang dicampur garam tiga kali sehari, untuk mempercepat penyembuhan.

  2. Minum Yogurt
    Minum Yogurt yang mengandung ecidophilus hidup. Yogurt membantu keseimbangan bakteri di mulut dan tubuh, sehingga bisa mempercepat penyembuhan dan juga mencegah sariawan.

  3. Oleskan bawang dan Pepaya pada Luka
    Oleskan bawang mentah, pepaya atau kantong teh langsung pada luka sariawan, hal in juga kan membantu mempercepat penyembuhan.

  4. Gunakan baking Soda
    Campurkan baking soda dan air untuk dijadikan obat kumur atau pasta untuk melapisi sariawan. Baking soda bisa membantu menghilangkan bakteri di dalam mulut dan mungurangi rasa sakit.

  5. Bilas Mulut dengan Obat Tradisional
    Gunakan salah satu obat tradisional, seperti lidah buaya,ekstrak biji anggur, peroksidan hidrogen, jus plum,tea tree oil dan air hangat dengan gram untuk membilas mulut.

  6. Minum Vitamin
    Minum Vitamin C, zat besi dan asam folat bisa membantu mencegah dan menyembuhkan sariawan.

By digitalworld with

Related Article