September 13, 2014

Tips Belajar yang Evektif dan Evisien

Setiap orang dapat mencari waktu yang baik dalam melangsungkan proses belajar. Dia bisa menggunakan waktu subuh, pagi, siang, ataupun malam.

Tapi disarankan untuk belajar setiap hari walaupun hanya memaksimalkan waktu 1 jam untuk belajar, namun yang perlu anda catat adalah kemudahan belajar disertai dengan keefektifan belajar yang harus anda utamakan.

Banyak kita temui siswa yang belajar pada saat menjelang ujian. Belajar dapat dilakukan dimana dan kapan saja, dengan memperhatikan situasi dan kondisi tubuh kita. Anda tidak diwajibkan belajar pada waktu malam, jika anda merasa waktu malam bukan waktu yang tepat untuk belajar, maka cari waktu yang lain.

Berikut cara menggunakan waktu evektif dan Efisien dalam belajar.

1. Memulai belajar ditempat yang kondusif
Jika anda ingin belajar, carilah suasana tempat yang kondusif, tenang, dan nyaman untuk memulai pelajaran. Menurut saya ini adalah cara yang terbaik yang dapat anda lakukan. Materi akan mudah dipahami jika anda belajar dalam suasana yang tenang tanpa ada suasana yang dapat merusak konsentrasi belajar anda.

2. Dalam memulai pelajaran carilah ide pokok materi tersebut
Salah satu tips belajar yaitu dengan memperhatikan garis besar materi yang akan anda pelajari. Apabila mendapatkan bacaan yang tidak dipahami, maka carilah materi pokok yang anda tidak paham. Perhatikan judul, gambar dan komponen-komponen lainya disertai dengan rangkuman seadanya. 
serta mengetahui kalimat induktif dan deduktif disetiap paragraf.

3. Buatlah ringkasan agar belajar anda lebih sistematis
Dengan menulis Ringkasan maka secara otomatis membaca Materi yang anda pelajari. Sebaiknya ringkasan tersebut ditulis didalam buku kecil yang dapat anda bawa kemanapun. Tips belajar ini merupakan tips yang paling mudah tetapi sering dilupakan.

4. Membiasakan agar mengingat apa yang telah dipelajari
Untuk mempermudah ingatan dan lebih disarankan untuk membuat singkatan ataupun kata-kata yang mudah diingat . Tips ini bisa bertahan hingga beberapa tahun kemudian.

5. Biasakan belajar rutin disertai dengan ketekunan
Belajar dengan memanfaatkan waktu secara tepat dapat mempengaruhi peningkatan prestasi belajar. Buang jauh-jauh dari benak anda belajar menjelang ujian, belajar yang terburu-buru, belajar yang tidak memiliki keinginan, belajar disaat yang tidak kondusif dll.

By digitalworld with

Related Article