September 23, 2014

Cara mengurangi Miopi pada Mata

Apakah anda termasuk golongan orang yang menggunakan kacamata ? Apakah anda tidak bisa beraktifitas tanpa mengunakan kacamata anda? dan apakah ketika anda melihat benda yang jauh terasa kabur, sedangkan melihat benda yang dekat cukup jelas ?

Bisa dikatakan anda menderita Miopi, atau yang biasa kita kenal sebagai rabun jauh. Miopi disebebkan karena sinar yang masuk kemata tidak jatuh tetap pada retina, melainkan jatuh di depan retina sehingga menyebabkan gambar yang diterima mata menjadi kabur.

Nahhhh sebelumya apa aja si penyebab terjadinya Miopi ? begini penyebabnya kawan. 

1. Faktor Keturunan
hal utama penyebab Miopi biasanya karena Faktor keturunan, apakah dari sanak Family ada yang menderita Miopi? mungkin ibu, bapak, simbah dll ? Orang tua yang mempunyai sumbu bolamata yang lebih panjang dari bentuk normal biasanya menurunkan kepada anaknya. Sehingga anak menurunkan sifat dari orangtuanya.
2. Pola hidup yang Buruk
Biasanya orang yang tinggal didaerah perkotaan akan lebih beresiko untuk menderita penyakit ini jika dibandingkan dengan orang yang tinggal diperdesaan. Hal ini disebabkan karena orang perkotaan lebih menghabiskan waktunya di tempat kerja, seperti kelamaan di depan komputer, sering terkena debu, polusi, radikal bebas, dan lain sebagainya. Akibatnya pada saat melihat objek yang jauh, mata tidak berfungsi dengan baik, karena sudah terbiasa melihat objek dengan jarak yang dekat. Serta perilaku yang kurang sehat, misalnya :
  • Membaca dengan posisi Tidur
  • Membaca ditempat dengan penerangan yang kurang
  • Membaca terlalu lama tanpa istirahat
  • Kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung vit.A
  • Menonton Tv terlalu dekat 
  • Main Game dengan jarak dekat
3. Kurangnya Istirahat
Mata anda juga membutuhkan istirahat seperti anda, jangan terlalu memaksa mata anda untuk bekerja keras, apalagi terus-terusan didepan layar monitor. Istirahatkan mata anda sejenak 30 menit sinambi dengan melakukan hal-hal lain, juga lakukan tidur yang cukup.

Cara mengurangi Miopi pada mata anda cukup mudah kok, juga gak perlu mahal , hanya saja butuh ketelatenan. Berikut beberapa Tips untuk mengurangi Miopi pada mata .

1. Anda bisa melepas kacamata anda bila masih bisa melihat jarak dengan dekat, terutama ketika anda berada pada ruangan yang sempit dan tidak dalam bekerja. 
2. Kemudian anda bisa melatih mata anda untuk melihat benda-benda yang jauh tanpa meggunakan kacamata. Misalnya anda pergi kesawah, bukit, dsb, karena tempat-tempat tsb memiliki sudut pandang yang jauh.
3. Latih mata anda untuk melihat benda-benda yang bergerak, misalnya melihat mobil yang lewat didepan anda, lihat dan perhatikan gerakanya, usahakan bayangan yang anda lihat adalah utuh dan tidak kabur.
4. Bisa juga menggunakan daun sirih untuk terapi. Caranya iyalah ambil 2 lembar daun sirih, cuci hingga bersih dan tempelkan dimata anda setiap kali akan tidur, lakukan cara ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.
5. Jika anda terbiasa kerja di depan komputer, usahakan sekitar 25 menit untuk mengistirahatkan mata anda, pergilah keluar ruangan untuk melihat suasana diluar, atau bisa sekedar mengambil air putih atau cemilan.
6. Jangan lupa untuk membersihkan mata anda, jika perlu gunakan tetes mata agar mata terlihat segar dan terhindar dari debu. 
7. Pakailah helm / kaca mata ketika anda berkendara, ini bertujuan agar debu tidak langsung masuk kedalam mata.
8. Anda juga bisa mengkonsumsi wortel, ataupun makanan yang berbahan wortel misalnya seperti sop sayur, jus wortel dsb
9. Cara yang paling unik iyalah dengan terapi lilin, yaitu dengan menyalakan lilin, lalu tataplah lilin tersebut tanpa banyak berkedip hingga keluar banyak air mata.

Bagaimana ? caranya cukup mudah kan, selian itu juga murah meriah, hanya saja perlu ketelatenan dalam melakukanya supaya mendapatkan hasil yang diinginkan.

By digitalworld with

Related Article