September 22, 2014

Tips mengolah Carica Dieng


Mendengar nama Buah Carica, pastinya sudah tidak asing lagi di telinga temen-temen semua. Buah kas dari Dieng Wonosobo yang memiliki aroma wangi ini bisa diolah menjadi beberapa macam makanan lo. Seperti kripik Carica, Jus Carica, Sirup Carica, Manisan Carica dan masih banyak lagi.

Sedikit tentang buah Carica. 
Buah Carica merupakan tumbuhan yang hanya hidup didaerah Pegunungan tinggi Dieng, berukuran kecil (sekepal orang dewasa), berdaun dan berbatang seperti pohon pepaya. nahhhhh buah carica ini juga biasanya dijulugi "Gandul Jingge".

Nahhh untuk tema kali ini akan diberikan sedikit tips bagaimana mengolah buah carica menjadi manisan yang enak untuk disantap.

hmmmmmm, pastinya sudah gak sabar bagaimana cara mengolahnya :)
berikut bahan-bahan yang harus disiapkan :
  1. 2 kg Buah Carica 
  2. 1 kg gula pasir
  3. 3 lt Air bersih
Jika bahan-bahan diatas telah disiapkan, langkah selanjutnya iyalah mengupas buah Carica. Kupas hingga bersih, lalu belah menjadi dua, ambil bagian biji nya dan letakkan kedalam loyang yang berbeda. Jangan dicampur dengan dagingnya.

Rebus biji Carica dan tambahkan dengan air bersih. Setelah mendidih angkat dan tunggu hingga air menjadi dingin. nahhhhhhhhh diselah-selah menunggu air rebusan biji Carica menjadi dingin potong daging Carica sesuai selera anda, mau ukuran besar atau kecil.

Next saring Air biji Carica sambil diremes-remes hingga keluar sarinya, Saring hingga tidak ada biji yang tertinggal. Kemudian masukkan sisa air, Gula, dan buah Carica, masak kembali hingga mendidih, kemudian matikan.
Tunggu hingga dingin, dan Manisan Carica pun is Ready to eat. 
Itu dia sedikit tips mengolah manisan Carica, sangat mudah bukan ??? Manisan buatan sendiri gak kalah enak lo dengan manisan Carica dipasaran, :D . heheheheeee
Semoga bermanfaat 

By digitalworld with

Related Article