September 11, 2014

Tips Menjaga Kualitas Suara Menyanyi dan Mc



Ada Pepatah yang mengatakan bahwa, "Suaramu adalah Duta besar untuk dunia luar", karena lewat suaramu sebagian besar orang bisa mengetahui kadar Emosi dan kepribadianmu.

Setiap orang pasti ingin memiliki suara yang indah, merdu, dan enak untuk didengar oleh orang lain, terlebih bagi para Entertaint seperti Penyanyi dan Mc. Karena hal ini menandakan bahwa mereka memilih kualitas suara yang baik.

Berikut ada beberapa tips untuk menjaga kualitas suara agar tetap bagus dan Prima.

1. Perbanyak Mengkonsumsi air putih dan buah-buahan yang mengandung kadar Air yang tinggi, sebisa mungkin hindari minum-minuman yang mengandung Alkohol dan Kafein.
Waktu Pagi hari adalah waktu yang paling bagus untuk banyak Meminum air putih, terutama saat bangun tidur karena saat itulah air Liur basi (Air liur bawaan tidur) sangat berguna untuk mengurangi rasa nyeri dan gatal pada Tenggorokan. Selain itu dengan banyak mengkonsumsi Air Putih dan Buah-buahan dapat membuat Pita suara slalu dalam keadaan basah dan tidak kering. Sehingga aktivitas pita suara dapat terjaga dan terhindar dari iritasi. Biasakanlah untuk Meminum 1-2 Gelas Air putih saat bangun tidur, dan 16-20 gelas perhari.

2. Istirahatkan suara selama bebrapa kali dalam sehari, terlebih setelah digunakan secara ekstensif.
Saat Aktifitas Pita suara sedang padat, alangkah baiknya untuk mengistirahatkan selama beberapa waktu agar getaran yang berkecepatan tinggi tidak merusak dan membuat iritasi pada pita suara.

3. Jangan Merokok
Ini merupakan hal utama yang harus dihindari bagi mereka yang sangat menjaga kualitas suaranya. Karena saat asap rokok itu terhidup kedalam mulut dan hidung, lalu masuk kedalam Tenggorokan banyak kemungkinan yang akan anda terima, seperti pita suara anda akan terkena iritasi dan resiko kanker Organ pernafasan.

4. Buatlah Otot Leher dan Tenggorokan mu rileks, meskipun saat meyanyikan nada-nada Tinggi maupun rendah
Jika terjadi tegangan yang berlebihan dalam jangka waktu yang cukup lama bisa menyebabkan turunya Jangkauan nada pada pita suara Penyanyi tersebut.

5. Perhatikan cara anda berbicara setiap saat
Banyak orang yang kurang memperhatikan cara mereka berbicara dalam aktivitas sehari-hari. Cara berbicara yang berlebihan seperti setengah berteriak saat berbicara pada kondisi ramai, sangat sering terjadi. Oleh karena itu perhatikan lingkungan sekitar anda saat anda akan berbicara. Agar anda bisa menempatkan besar atau kecilnya suara yang anda keluarkan.

6. Hindari Batuk yang terlalu sering
Batuk yang disebabkan karena rasa gatal (bukan batuk penyakit, tetapi aktivitas tubuh) bisa menimbulkan tegangan yang cukup besar pada otot pernafasan dan pita suara sekaligus secara bersamaan. Hal ini dapat melukai otot tersebut yang menyebabkan suara menjadi serak. Minumlah air putih untuk menghilangkan rasa gatal pada tenggorokan dan konsultasikan kepada Dokter jika batuk sudah tak tertahankan.

7. Hemat suaramu saat sakit
Saat sedang berada dalam kondisi kurang fit akibat demam atau infeksi, cara berbicara anda harus sangat diperhatikan karena suara anda akan dalam keadaan serak. Kurangi berbicara mengenai hal yang kurang penting dan hematlah suaramu.

8. Ciptakan ruangan yang lembap pada rumah dan ruang kerjamu
Dengan Tips diatas diharapkan dapat membantu anda untuk tetap bisa memiliki suara yang indah dan tetap prima dalam segala aktivitas anda sehari-hari. Seperti yang telah diterapkan oleh murid - murid dan mereka yang menjalankan kursus musik dan vokal di The Voice Academy. Tips ini sangat membantu mereka karena dengan aktivitas yang padat dan jadwal kursus yang cukup menyita waktu dan menghabiskan suara mereka, tahap-tahap dalam menjaga suara diatas bisa membantu mereka untuk lebih memperhatikan bagaimana cara mereka memperlakukan pita suara mereka demi terbentuknya vokal yang indah dan bagus. The Voice Academy juga memberikan banyak info- info menarik lainnya yang berhubungan dengan musik, vokal, dan serba-serbi lainya dalam kursus.

By digitalworld with

Related Article