May 6, 2011

Kurangi Makanan Pedas dan Asam Ketika Hamil



Ibu hamil apalagi yang usia kandungannya masih muda akan sering mengalami mual-mual, sehingga tidak memiliki selera makan. Namun seperti yang kita tahu bahwa makanan pedas dan asam bisa membangkitkan selera makan, begitu juga dengan ibu hamil. Meskipun selera makan sedang turun karena mual-mual, namun kedua makanan ini bisa diterima oleh perut. Namun bagi Anda yang sedang hamil, jangan terlalu sering atau batasi mengonsumsi makanan yang pedas dan asam. Kenapa?

Makanan pedas dan asam memang lezat dan menggugah selera, namun terlalu banyak mengonsumsi kedua jenis makanan ini akan bisa menyebabkan diare akibat iritasi lambung. Sebenanrnya hal ini tidak terlalu berbahaya, tetapi yang dikhawatirkan adalah si Ibu akan mengalami dehidrasi, dan itu tidak baik bagi kondisi tubuhnya dan juga janinnya.

Boleh saja, ibu yang sedang hamil mengonsumsi makanan pedas dan asam. Tetapi aturlah dan kendalikan hasrat Anda untuk mengonsumsinya secara berlebihan. Selain makanan, hal ini juga berlaku untuk minuman yang rasanya asam. Bila Anda terlalu banyak mengonsumsi minuman yang asam, ini akan membuat lambung Anda tidak nyaman. Dan bahkan bisa menyebabkan luka di usus bila rasa asam itu berasal dari cuka atau bahan-bahan nonbiologis lainnya.

Oleh karena itu, bagi ibu hamil, kendalikan keinginan Anda untuk mengonsumsi makanan yang pedas dan asam, dan juga minuman yang rasanya asam. Karena bila Anda tidak benar-benar memperhatikan, kondisi tubuh Anda dan janin Anda yang akan terganggu, terlebih lagi bila Anda sebelumnya sudah mengidap gangguan lambung.

sumber : KompasFemale

By digitalworld with

Related Article