July 30, 2011

Tips Memilih Ayam Yang Segar

Mungkin masalah ini sudah sering dibahas, memang sedikit sulit untuk membedakan ayam yang masih segar dan sehat dengan yang tidak, bagi orang awam seperti kita. Seperti kita ketahui, ayam merupakan sember protein yang paling murah setelah ikan, dan juga mudah didapat. Agar kita tidak tertipu oleh para pedagang, ada beberapa tips untuk memilih ayam yang masih segar dan sehat.
Pilihlah ayam yang berwarna pink (merah muda) cerah, tetapi ada juga yang berwarna putih, itu biasanya karena perendaman es yang terlalu lama (biasanya di supermarket). Ayam yang berwarna putihtetapi masih ada unsure pink yang menandakan kesegaran itu tidak masalah.
Pilihlah ayam yang dihinggapi banyak lalat, jika Anda membeli di pasar tradisional. Karena lalat tidak akan tertarik dengan daging yang mengandung bahan pengawet, jadi ayam yang diihinggapi lalat biasanya justru tidak mengandung bahan pengawet dan masih segar.
Perhatikan juga aroma dan tekstur daging ayam. Apabila aroma daging sudah tidak wajar, sebaiknya Anda menghindarinya. Daging ayam yang sehat, apabila dipencet biasanya akan kembali ke bentuk semula. Selain itu pilihlah ayam yang memiliki karkas utuh dan tidak ada bercak darah atau bagian yang memar.
Nah, mungkin beberapa tips di atas bisa membantu Anda dalam memilih daging ayam yang sehat, apalagi sekarang sudah mendekati momen Ramadhan. Kebutuhan akan protein, yang salah satunya bisa didapat dari ayam sangat tinggi.

By digitalworld with

Related Article