April 10, 2011

Tips Memanggang Ikan



Biasanya kalau ada acara kumpul-kumpul dengan keluarga atau teman-teman, ikan panggang menjadi menu yang harus ada. Tetapi sayangnya terkadang ikan panggang yang menjadi menu yang ditunggu-tunggu dan menjadi makanan favorit menjadi kurang menarik karena tampilan luarnya gosong tetapi di dalamnya masih mentah. Nah, oleh karena itu coba tips berikut ini jika Anda ingin memanggang atau membakar ikan., agar ikan matang secara merata dan pastinya makin lezat dan sehat.

  1. Pilih ikan yang segar, atau jika ikan sudah Anda masukkan ke dalam kulkas, keluarkan dari kulkas, diamkan sementara waktu di piring atau wadah yang kering, tutup dengan tutup panci selama kurang lebih setengah jam. Setelah itu panaskan ikan dalam oven dalam suhu 400derajat.

  2. Setelah itu keringkan ikan dengan kertas agar kelembapannya teresap.Taburkan garam atau gula pasir pada ikan untuk membantu memberikan kerak dan mencegah ikan dari kekeringan saat dibakar.

  3. Panaskan wajan dengan api dengan panas tinggi selama tiga-empat menit, kemudian tambahkan tiga sedok minyak di wajan dan ratakan hingga seluruh wajan terlapisi minak tersebut. Dan biarkan wajan panas lagi selama satu-dua menit.

  4. Bakar ikan selama tiga menit untuk setiap sisi. Balik ikan dengan bantuan spatula dan kemudian bakar ikan selama tiga menit untuk sisi lainnya.

  5. Setelah proses pembakaran selesai, taruh ikan dalam piring antipanas dan panggang ikan dalam oven lagi, agar kematangannya merata. Nah, setelah ikan matang merata segera keluarkan dari oven, pindahkan dalam piring diamkan sejenak, sambil membuat saus ikan sesuai selera Anda. Setelah saus sudah jadi, tuangkan saus di atas ikan, dan ikan panggang pun siap dinikmati.


Tips :
  • Jangan menggunakan Panci untuk memanggang ikan di atas kompor
  • Jangan menyentuh atau memindahkan ikan saat sedang membakar karen aitu akan mengganggu proses kematangan ikan.
  • Hindari menggunakan minyak zaitun, karena akan membuat pembakaran ikan terlalu matang

By digitalworld with

Related Article